News
·
4 Oktober 2020 15:32

Viral Aksi Balap Lari di Sulsel, 5 Orang Dinyatakan Reaktif Corona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Viral Aksi Balap Lari di Sulsel, 5 Orang Dinyatakan Reaktif Corona (218486)
Petugas mengamankan sejumlah pelaku balap lari di Bone, Sulsel. Foto: Dok. Istimewa
Viral sebuah potongan video memperlihatkan aksi sejumlah pemuda melakukan lomba lari pada malam hari di Kabupaten Bone, Sulsel. Video tersebut tersebar di sejumlah akun media sosial pada Minggu (4/10)
ADVERTISEMENT
Dalam video itu terlihat sejumlah orang melakukan balap lari. Aksi lomba itu kemudian dilihat oleh kerumunan masyarakat. Terdengar suara teriakan dan sorakan dari sejumlah penonton.
Berdasarkan informasi, kegiatan tersebut dilakukan di Jalan Makmur, Kelurahan Watampone, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulsel.
Atas keramaian yang ditimbulkan akibat aksi itu, Tim Satuan Tugas Percepatan dan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Bone langsung turun ke lapangan. Petugas gabungan kemudian membubarkan keramaian tersebut.
Kepala Satpol-PP Kabupaten Bone, Andi Akbar, mengatakan kegiatan ini melanggar peraturan protokol kesehatan karena telah mengumpulkan orang banyak. Tak hanya itu, kegiatan lomba lari malam ini, tidak memiliki izin. Sehingga, dilakukan upaya penindakan dengan pembubaran.
"Puluhan orang terjaring dalam lomba lari. Mereka hanya diberikan edukasi dan ada juga diberikan sanksi dengan jalan jongkok," kata Andi Akbar, Minggu (4/10).
ADVERTISEMENT
Selain sanksi jongkok dan edukasi, Satgas COVID-19 juga melakukan pemeriksaan, berupa rapid tes. Dan hasilnya, terdapat lima pemuda menunjukkan hasil reaktif. Inipun dilakukan sebagai bentuk pencegahan atau tracing penyebaran corona di Bone.
"Sejumlah orang juga dirapid test. Hasilnya lima orang reaktif. Kelimanya langsung dibawa ke rumah singgah Politeknik Bajoe untuk dilakukan tes usap atau swab," ucap Andi Akbar.