News
·
23 November 2020 17:53

Viral Video Penjual Batagor dan Roti Bakar Saling Bertukar Dagangan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Viral Video Penjual Batagor dan Roti Bakar Saling Bertukar Dagangan (15701)
Viral video dua orang pedagang yang saling bertukar dagangan makanannya. Foto: Tiktok: JSXofficial
Sebuah video viral, menunjukkan dua orang pedagang sedang saling bertukar dagangan. Video tersebut diawali dengan pedagang roti bakar yang sedang memasak roti dagangannya di saat tidak ada pelanggan.
ADVERTISEMENT
Ternyata roti bakar yang sedang dimasak itu kemudian diberikan kepada seorang pedagang batagor yang berjualan di sebelahnya. Sebagai ungkapan terima kasih, ia kemudian memberikan batagor dagangannya untuk si penjual roti bakar.
Video ini awalnya diunggah di akun TikTok @jsx_official milik sang penjual batagor, yakni Saiful Jihad (24). Video tersebut kemudian menjadi viral sampai ke Instagram dan penontonnya sudah mencapai 2 juta.
“Kalau sekitar pas unggahan video itu, kejadiannya 3 hari sebelumnya,” ujar Saiful soal kapan kejadian tukar-menukar dagangan dalam video itu terjadi, kepada kumparan, Senin (23/11).
Saiful dan sang pedagang roti bakar, Udin, sudah saling mengenal sejak dua tahun lalu. Mereka berjualan di tempat yang sama bersama sejak itu.
ADVERTISEMENT
Saat berjualan batagor, Saiful selalu mangkal di depan Kantor Kecamatan Penanggaran, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Lapaknya selalu berada di sebelah gerobak roti bakar milik Udin.
Saiful mengaku sudah biasa diberi roti bakar gratis oleh Udin karena itu merupakan kebiasaan mereka saat membeli dagangan satu sama lain.
“Perasaannya dikasih roti bakar gratis itu senangnya sih karena sudah biasa. Itu hampir setiap hari. Kalau dia belum ada yang beli, langsung saja saya bilang ‘mas biasa ya, bakarin’ nanti kalau sudah dibakarin, nanti saya balik buatin batagornya. Sudah kebiasaan itu hampir setiap hari,” ujarnya.
Karena kebiasaan, Saiful akhirnya ingin mendokumentasikan momen bertukar dagangan tersebut dan membagikannya di akun TikTok miliknya sebagai konten.
“Saya bilang ke mas roti bakarnya, saya izin ‘mas gimana kalau kita bikin konten kebiasaan kita tukaran makanan?’ terus katanya ‘oh yaudah enggak apa-apa ayo kita coba’, gitu,” kata dia.
ADVERTISEMENT
Menurut Saiful, bertukar dagangan adalah suatu kebiasaan di kalangan pedagang sebagai pengganti membayar dengan uang.
“Sebenarnya itu memang kebiasaan kita, memang dari dulu. Kalau pedagang itu memang sering kayak gitu. Kadang kita kepengin roti bakar, terus saya pesan. Kalau saya pesan, dibayar itu enggak mau. Nanti jawabannya ‘enggak usah bayar mas nanti saya minta batagornya aja’. Nah itu terus menerus jadi kebiasaan,” tuturnya.