kumparan
12 Agu 2019 13:57 WIB

Vonis Gugatan Mulan Jameela dkk Terhadap Prabowo Ditunda

Sidang putusan gugatan Mulan Jameela dkk terhadap Ketum Gerindra Prabowo Subianto di PN Jaksel ditunda. Foto: Muhammad Lutfan Darmawan/kumparan
Sidang putusan para caleg partai Gerindra, salah satunya Mulan Jameela, ditunda. Penundaan tersebut dikarenakan pihak pemohon ingin mengajukan saksi tambahan dalam persidangan.
ADVERTISEMENT
"Kami mau menyampaikan tambahan saksi Yang Mulia," kata kuasa hukum pemohon, Yunico Syahrir, di PN Jakarta Selatan, Senin (12/8).
Majelis hakim kemudian berdiskusi dengan dua hakim anggotanya terkait permintaan tersebut. Kemudian Ketua Majelis Hakim, Zulkifli, menanyakan kepada pihak termohon apakah setuju atau tidak.
"Kalau begitu kita akan mengajukan saksi juga untuk memperkuat bukti," kata kuasa hukum Gerindra, Zulraihan.
Hakim kemudian memutuskan sidang ditunda. Sidang selanjutnya mendengarkan keterangan saksi dari kedua pihak.
"Kedua pihak ingin melengkapi hal-hal terkait gugatan, silakan. Sebelum diputuskan memang diperbolehkan. Namun untuk tambahannya karena waktu sudah mendesak kita satukan saja semuanya (kesaksian dari dua pihak)," kata Zulkifli.
Akhirnya ketiga pihak sepakat untuk waktu sidang selanjutnya dilaksanakan pada 14 Agustus 2019, pukul 10.00 WIB.
ADVERTISEMENT
"Jadi sidang ini selesai dan ditutup," kata Hakim sambil mengetuk Palu.
Ditemui usai sidang, Yunico menyebut pihaknya akan menghadirkan dua saksi dalam persidangan selanjutnya. Dua saksi itu merupakan saksi fakta.
"2 orang, (saksi) fakta. Ini buat legal standing saja," kata dia.
Sementara pihak Gerindra hanya akan mengajukan satu saksi. "Saksi dari DPP yang menerangkan soal ada surat masuk ke majelis kehormatan partai kita," ungkap Zulraihan.
Sebelumnya, gugatan perdata para caleg itu teregistrasi nomor 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL. Mereka menggugat Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Gerindra, yaitu Prabowo Subianto.
Gugatan itu dilancarkan oleh para caleg yang tidak mendapatkan suara yang cukup dalam pileg sehingga tak lolos parlemen.
Dalam gugatannya kepada Prabowo, para penggugat berdalih bahwa mereka adalah tokoh-tokoh partai yang telah memberikan jasa besar atas perjuangan Partai Gerindra sehingga bisa menjadi pemenang kedua dalam gelaran Pemilu 2019.
ADVERTISEMENT
Atas dasar tersebut pula para penggugat menggugat Prabowo agar segera menetapkan mereka sebagai anggota DPR RI terpilih.
Mulan Jameela. Foto: Ronny/kumparan
Adapun semula gugatan ini dilakukan oleh 14 caleg Gerindra. Namun, lima di antaranya mencabut gugatan tersebut. Kelima orang itu adalah Li Claudia Candra, Bernas Yuniarta, Rahayu Saraswati, Prasetyo Hadi, dan Seppalga.
Sementara yang meneruskan gugatan ada sembilan orang yakni Nuraina, Pontjo Prayogo SP, R. Wulansari alias Mulan Jameela, Adnani Taufiq, Adam Muhammad, Siti Jamaliah, Sugiono, Katherine A Oe, dan dr. Irene.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan