kumplus - Tes CPNS.

Wakil Kepala BKN: Pak Menteri pun Enggak Bisa Jamin Kamu Lulus Tes CPNS (4)

13 Oktober 2021 14:32
ยท
waktu baca 7 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Kasus dugaan penipuan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) oleh anak Nia Daniaty, Olivia Nathania, menyedot perhatian para pelamar ASN (Aparatur Sipil Negara) tahun ini. Sebanyak 225 orang diduga menjadi korban pelantikan CPNS bodong yang berkedok jasa bimbingan belajar (bimbel) itu. Dengan menyetor uang puluhan juta, mereka dijamin jadi ASN.
Dalam praktiknya, bertebaran pula bimbel yang memberikan sistem garansi lulus tes CPNS. Namun mereka tak berani memberi jaminan lulus jadi PNS. Dua bimbel yang diwawancara kumparan, Educate dan Bimbel Youth Educational Centre (YEC), menawarkan jasa garansi itu. Meski demikian, ada saja oknum peserta yang meminta bimbel itu meluluskan jadi CPNS tanpa tes. Mulai dari menyogok mobil Fortuner hingga meminta penyelenggara bimbel jadi joki. Namun, sogokan itu ditolak pihak bimbel.
Mungkinkah ada celah jadi ASN tanpa tes hingga melalui joki dengan sistem rekrutmen CPNS yang ada saat ini? Untuk mengetahuinya kumparan mewawancarai Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Supranawa Yusuf. Ia menegaskan kecurangan semacam itu tak mungkin lagi. Simak wawancara selengkapnya dengan berlangganan kumparan+.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparan+
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparan+
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
Banyak orang rela merogoh kocek untuk lolos tes CPNS dengan ikut les khusus bertarif belasan sampai puluhan juta. Tapi, apakah itu benar-benar bisa menjamin kita jadi PNS? Atau jangan-jangan sebagian tipu-tipu saja alias kursus bodong? Klik di bawah.