kumparan
search-gray
News22 Januari 2020 12:02

Wamenhan Buka Rapim Kemhan 2020: Fokus Pengembangan Alutsista

Konten Redaksi kumparan
Wamenhan Buka Rapim Kemhan 2020: Fokus Pengembangan Alutsista (577305)
Wamenhan Wahyu Sakti Trenggono (kanan) dalam peringatan Hut Korpri ke-48 di Kementerian Pertahanan. Foto: Dok. Kemhan
Kementerian Pertahanan (Kemhan) menggelar rapat pimpinan (rapim) tahun 2020. Rapim akan dilaksanakan selama dua hari sejak Rabu (22/1) hingga Kamis di Kantor Kemhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.
ADVERTISEMENT
Rapim secara resmi dibuka oleh Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono. Dalam sambutannya Trenggono mengatakan rapim ini merupakan kali pertama di periode kepemimpinan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
"Selain itu poin penting lainnya adalah bahwa program kerja yang disusun harus sinergi dengan tujuan strategis yang tercantum dalam Kebijakan Umum Pertahanan Negara (Jakum Hanneg) tahun 2020-2024," kata Trenggono dalam keterangan tertulis, Rabu (22/1).
Wamenhan Buka Rapim Kemhan 2020: Fokus Pengembangan Alutsista (577306)
Pameran produk alutsista dalam Rapim Kemhan Tahun 2020 di Kementerian Pertahanan, Rabu (22/1). Foto: Maulana Ramadhan/kumparan
Ia menambahkan, 2020 merupakan tahun krusial ditinjau dalam aspek strategi dan kebijakan pertahanan negara.
Trenggono mengatakan, koordinasi dan sinergitas antar satuan kerja, antar unit organisasi dan antar kementerian/lembaga harus dilakukan secara intens untuk memastikan pertahanan negara selalu dalam kondisi terbaiknya sesuai dengan lingkungan strategis dan analisa ancaman.
"Kemhan selalu berupaya untuk mengembangkan industri pertahanan dalam negeri guna memenuhi kebutuhan alutsista TNI dan menunjang kemandirian Industri Pertahanan," ucap Trenggono.
ADVERTISEMENT
"Kebijakan ini diambil sejalan dengan visi bapak presiden RI terkait dengan kebijakan pembangunan teknologi dan industri pertahanan," tambahnya.
Wamenhan Buka Rapim Kemhan 2020: Fokus Pengembangan Alutsista (577307)
Pameran produk alutsista dalam Rapim Kemhan Tahun 2020 di Kementerian Pertahanan, Rabu (22/1). Foto: Maulana Ramadhan/kumparan
Rapim Kemhan yang pertama ini mengambil tema 'Pertahanan Semesta Yang Kuat, Menjamin Kelangsungan Hidup NKRI'. Seluruh pejabat eselon I dan Il di lingkungan Kemhan serta pejabat perwakilan dari Mabes TNI, Mabes AD, AU dan AL hadir dalam pembukaan.
Berbeda dengan rapim sebelumnya, kali ini juga dilaksanakan pameran produk alutsista hasil produksi dari industri dalam negeri baik dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Swasta yang tergabung dalam Perkumpulan Industri Pertahanan Swasta Nasional (Pinhantanas).
Sementara Menhan Prabowo diagendakan akan menyampaikan Kebijakan Pertahanan Negara tahun 2020 dan Amanat Anggaran tahun 2020 pada rapim hari kedua Kamis (23/1). Prabowo akan menyampaikan hal itu kepada Kepala Unit Organisasi Kemhan, Mabes TNI termasuk TNI AD, TNI AU, dan TNI AL.
ADVERTISEMENT
Selain itu, rapim hari kedua juga akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dan Kepala Staf tiga angkatan. Beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju juga akan hadir.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white