News17 September 2020 17:58

Warga Berusia di Atas 45 Tahun Hindari Aktivitas di Luar Rumah

Konten Redaksi kumparan
Warga Berusia di Atas 45 Tahun Hindari Aktivitas di Luar Rumah (839552)
Prof Wiku Adisasmito. Foto: BNPB
Angka kematian akibat virus corona di Indonesia selama satu minggu terakhir berada di rata-rata 105 kasus. Artinya, rata-rata kematian di Indonesia meningkat dari 3 persen jadi 7 persen seminggu terakhir ini.
ADVERTISEMENT
Jubir Satgas COVID-19 Prof Wiku juga menyoroti kelompok usia yang secara presentase lebih banyak menjadi korban meninggal karena corona. Ia mengungkapkan, 80 persen dari total kasus kematian berasal dari kelompok usia di atas 45 tahun.
"Kelompok usia ini harus benar-benar menjaga kesehatannya dan sebisa mungkin tidak berkegiatan di luar rumah dan tetap jaga pola hidup bersih dan sehat. Kalau terpaksa keluar rumah, harus menerapkan protokol kesehatan. Hindari menggunakan transportasi umum untuk mencegah penularan," kata Prof Wiku saat konferensi pers virtual, Kamis (17/9).
Namun, Prof Wiku juga menegaskan hal serupa berlaku untuk kelompok usia produktif 19-45 tahun. Sebab mereka merupakan kelompok usia terbesar secara presentase yang terkonfirmasi positif corona.
"Dengan mobilitas relatif tinggi dan frekuensi interaksi sosial tinggi berpotensi jadi carrier yang dapat menularkan ke keluarga, kerabat, atau kelompok yang berusia rentan dan tinggal bersama mereka," tuturnya.
ADVERTISEMENT
"Mereka harus bisa menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan saat bekerja atau ketika di luar rumah," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white