kumparan
23 Maret 2018 21:02

Wartawan Lapor ke Polisi, Merasa Diintimidasi Oknum Security Alexis

Adi Wijaya, wartawan diintimidasi security Alexis
Adi Wijaya, wartawan diintimidasi security Alexis. (Foto: Ainul Qalbi/kumparan)
Seorang wartawan bernama Adi Wijaya (27) mendatangi Polda Metro Jaya untuk melaporkan sejumlah oknum petugas keamanan Alexis. Adi melaporkan mereka atas dugaan perilaku mengintimidasi terhadap dirinya pada Kamis (22/2).
ADVERTISEMENT
Adi bercerita, pengintimidasian itu terjadi saat ia hendak meliput penutupan Alexis oleh Pemprov DKI, bersama kedua rekan wartawannya. “Kita datang bertiga niatnya mau mengecek. Habis parkir di dalam, kita ke depan Alexis untuk nanya ke satpam benar tidak kabar mau ada penutupan,” kata Adi di Gedung SPKT Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (23/3).
Salah seorang oknum satpam lalu menanyakan kartu pers miliknya, setelah itu dia diarahkan oleh para satpam tersebut untuk dipertemukan dengan Humas Alexis. "Tapi saat saya ikuti ternyata dibawa ke pos pintu keluar Alexis. Di sana bukannya ketemu humas malah bertemu dengan keamanan tak berseragam, ada delapan orang," papar Adi.
Bukti laporan Adi Wijaya di SPKT
Bukti laporan Adi Wijaya di SPKT. (Foto: Ainul Qalbi/kumparan)
Di dalam pos tersebut, Adi mengaku dicecar sejumlah pertanyaan dan sempat ditahan oleh oknum petugas keamanan tersebut. Adi pun kemudian menyuruh kedua temannya untuk menjauh dari lokasi untuk menghindari hal-hal buruk.
ADVERTISEMENT
“Nanya segala macam ke arah intimidasi, dia nanya saya darimana, ada info apaan, terus saya jawab sejujur-jujurnya dia tidak percaya. Mereka malah menganggap saya anggota polisi yang jadi wartawan, dan pas saya pamit pulang tidak boleh," tutur Adi.
Beruntung, Adi berhasil kabur dari pos tersebut setelah salah seorang wartawan televisi datang dan berbincang dengan para petugas keamanan tersebut. Laporan yang dilayangkan Adi telah diterima dengan nomor LP/1601/III/2018/PMJ/ Dit. Reskrimum.
“Dengan Pasal 18 ayat (1) UU RI No.40 tahun 1999 tentang Pers,” tutup Adi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan