News
·
15 Januari 2021 2:50

Washington DC Di-Lockdown Jelang Pelantikan Joe Biden

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Washington DC Di-Lockdown Jelang Pelantikan Joe Biden (21719)
Anggota unit Pengawal Nasional D.C. mengamankan kawasan US Capitol di Washington, AS, Kamis (7/1). Foto: Jonathan Ernst/REUTERS
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden akan dilantik pada 20 Januari mendatang. Biden akan dilantik di Ibu Kota Washington DC.
ADVERTISEMENT
Jelang pelantikan Joe Biden, Washington DC di-lockdown. Keputusan ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi kerusuhan massa berkaca dari insiden di Gedung Capitol pada Rabu (6/1).
Dikutip dari Reuters, Jumat (15/1), monumen Washington akan ditutup bagi kunjungan wisata. Wali Kota Muriel Bowser sudah meminta wisatawan dan masyarakat untuk menjauh dari kota.
Sementara National Park Service masih mengkaji kemungkinan akan menutup National Mall dari Capitol ke Lincoln Memorial. Sejumlah ruas jalan akan ditutup termasuk beberapa pusat bisnis.
Washington DC Di-Lockdown Jelang Pelantikan Joe Biden (21720)
Calon presiden dari Partai Demokrat AS Joe Biden. Foto: Kevin Lamarque / REUTERS
Maskapai Delta Airlines akan membatasi calon penumpang yang akan menuju Washington DC. Mereka yang membawa berbagai jenis senjata tidak diperkenankan naik pesawat.
"Delta tidak akan mengizinkan para pelancong yang terbang ke bandara ke Washington membawa senjata api pada penerbangannya sebelum pelantikan," kata CEO Delta Airlines Ed Bastian.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, Garda Nasional Amerika Serikat juga mengerahkan sebanyak 20 ribu pasukan di Washington DC.
Para pasukan ini bertanggung jawab mengamankan situasi kota sebelum dan saat pelantikan Joe Biden. Mereka akan membentuk formasi seperti pengamanan di Capitol.