News
·
11 Juni 2021 19:09
·
waktu baca 1 menit

Wilayah di Pakistan Akan Blokir SIM Card Warga yang Tolak Vaksin COVID-19

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Wilayah di Pakistan Akan Blokir SIM Card Warga yang Tolak Vaksin COVID-19 (168634)
Kartu SIM seluler. Foto: PublicDomainPictures (CCO Creative Commons)
Pemerintah wilayah Punjab, Pakistan, akan memberlakukan aturan keras kepada warganya yang menolak vaksin COVID-19. Tak main-main, pihak berwenang akan memblokir kartu SIM mereka yang menolak disuntik.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari RT, keputusan tersebut diambil saat rapat kerja dengan pejabat tinggi pemerintahan dan petinggi militer, yang diketuai oleh Menteri Kesehatan Punjab, Yasmin Rahsid.
Menurut Rashid, kebijakan pemblokiran kartu SIM telepon akan dilakukan pada mereka yang belum divaksinasi dalam waktu tertentu.
“Kami melakukan apa yang bisa kami lakukan untuk mendorong orang-orang divaksinasi. Pemerintah tak bisa mengizinkan seseorang, yang tak mau divaksin, untuk membahayakan nyawa orang lain yang sudah divaksinasi,” ujar Rashid kepada Express Tribune.
Pemerintah Punjab akan merancang linimasa implementasi kebijakan tersebut usai mereka mendapatkan persetujuan resmi dari Satuan Tugas COVID-19 Nasional Pakistan.
Kementerian Kesehatan Primer dan Sekunder Punjab juga mengumumkan keputusan itu dalam akun Twitter resmi mereka.
“Kartu SIM telepon orang-orang yang tak divaksinasi kemungkinan akan diblokir,” demikian cuitan oleh Kementerian tersebut.
ADVERTISEMENT
Pemerintah kemudian membeberkan tanda lebih jauh bahwa rencana tersebut akan benar-benar dilakukan, dengan mengatakan bahwa keputusan final atas rencana pemblokiran sudah diambil.
Surat kabar harian Pakistani Daily melaporkan, Pemerintah Punjab akan bekerja sama dengan Otoritas Telekomunikasi Pakistan (PTA) dalam mewujudkan kebijakan tersebut.
Punjab tengah mengejar target vaksinasi mereka, yakni 40 juta penduduk pada bulan November 2021.
Selain pemblokiran kartu SIM, pemerintah setempat juga berencana untuk melarang orang-orang yang belum divaksinasi untuk berkunjung ke taman, restoran, dan pusat perbelanjaan.