News17 September 2020 17:59

Wishnutama: Hotel yang Jadi Tempat Isolasi Corona Tak Boleh Terima Tamu

Konten Redaksi kumparan
Wishnutama: Hotel yang Jadi Tempat Isolasi Corona Tak Boleh Terima Tamu (820592)
Petugas memeriksa suhu tubuh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio yang meninjau kawasan pariwisata Pantai Waterblow Nusa Dua, Badung. Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Pemerintah akhirnya memakai hotel untuk tempat isolasi pasien positif virus corona tanpa gejala (OTG) maupun gejala ringan, dan tenaga kesehatan. Menparekraf Wishnutama mengatakan, hotel yang dijadikan tempat isolasi tak diizinkan menerima tamu.
ADVERTISEMENT
"Hotel yang nantinya dijadikan tempat isolasi untuk sementara waktu tak diperkenankan menerima tamu umum," kata Wishnutama saat konferensi pers secara virtual, Kamis (17/9).
Wishnutama mengatakan, penyediaan hotel untuk tempat isolasi virus corona baru dikhususkan di lima daerah, yakni Jakarta, Bali, Sumbar, Jabar, dan Kalsel. Direncanakan akan dimulai pada pekan depan.
"Penyediaan akomodasi ini diharapkan bisa berjalan mulai pekan depan. Dalam program ini Kemenparekraf akan berkoordinasi dengan PHRI, untuk berikan daftar rekomendasi hotel dan diseleksi Kemenkes terkait kelengkapan fasilitas dan protokol kesehatan untuk mendukung program tersebut," terang Wishnutama.
Wishnutama: Hotel yang Jadi Tempat Isolasi Corona Tak Boleh Terima Tamu (820593)
Ilustrasi kamar hotel Foto: Shutter Stock
Menurutnya, sejauh ini sudah ada beberapa hotel yang siap dijadikan tempat isolasi, mulai dari Ibis, Mercure, hingga Novotel. Nantinya hotel-hotel ini akan difasilitasi ambulans dan tenaga kesehatan.
ADVERTISEMENT
"Sementara ini hotel yang secara protokol kesehatan sudah siap adalah Yello Hotel, Ibis Hotel, Pop! Hotel, Mercure Hotel, dan Novotel di Jabodetabek, lalu Ibis Kuta Bali, dan Novotel di Banjarbaru di Kalsel," rincinya.
Meski demikian, Wishnutama membuka diri apabila ada hotel lain yang turut bekerja sama menyediakan tempat isolasi, asalkan sesuai syarat yang telah ditentukan.
"Syarat bagi hotel terpilih adalah hotel tersebut yang bisa melaksanakan protokol kesehatan yang sesuai dengan ketentuan Kemenkes agar tidak menciptakan klaster baru," pungkasnya.
----------------------------------
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white