News
·
31 Mei 2020 13:28

WNI yang Jalani Isolasi di Hotel Mewah Arab Saudi Sembuh dari Corona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
WNI yang Jalani Isolasi di Hotel Mewah Arab Saudi  Sembuh dari Corona (56367)
Hartono Subirto, WNI di Arab Saudi. Foto: Dok. Hartono Subirto
Seorang buruh migran asal Jaksel di Arab Saudi, Hartono Subirto (48) sembuh dari corona setelah menjalani isolasi di Bould Hotel and Resorts, Riyadh. Ia dinyatakan negatif COVID-19 setelah menjalani serangkaian tes pada Kamis ( 28/5).
ADVERTISEMENT
"Jadi saya Rabu (27/5) dihubungi oleh perawat yang stand by di hotel mengatakan bahwa saya pada Kamis (28/5) jam 10.00 akan dilakukan tes di King Fahad Hospital," ujar Hartono kepada kumparan, Minggu (31/5).
Untuk melakukan tes itu, Hartono diantar dengan ambulans dari hotel menuju rumah sakit.
"Merujuk dari kronologi kejadian, saya sudah lebih dari 2 minggu terinfeksi (corona) dan sudah 10 hari dari tes swab pertama," tambahnya.
Ia mendapatkan hasil tes tersebut pada Sabtu (30/5) dari petugas medis yang bekerja di hotelnya. Hasilnya menunjukkan, ia sembuh dari COVID-19.
"Bahwa saya dinyatakan negatif COVID-19 dengan itu masa isolasi telah selesai," tegasnya.
Ia kemudian diizinkan pulang kembali ke kediamannya. Akan tetapi, ia harus melakukan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat.
ADVERTISEMENT
"Lalu saya tanda tangani surat dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi sebelum saya kembali ke apartemen saya," pungkasnya.
Sebelumnya, nama Hartono menjadi bahan pembicaraan warganet karena kisahnya menjalani isolasi di hotel mewah di Arab Saudi. Cerita itu, ia unggah melalui akun YouTube pribadinya.
Pemerintah Arab Saudi memang telah menyiapkan puluhan ribu kamar hotel untuk mengisolasi warga yang terinfeksi COVID-19. Tidak hanya kamar biasa, tapi juga kamar VIP bahkan suite telah disewa Saudi untuk karantina.