kumparan
31 Mei 2018 15:35

Zulkifli Hasan dan SBY Sempat Bahas Kans Poros Ketiga saat Buka Puasa

Buka Bersama di Kediaman SBY
Buka Bersama di Kediaman SBY (Foto: Dok. Demokrat)
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggelar acara buka puasa bersama di kediamannya di Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (29/5). Dalam acara buka puasa bersama itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan juga turut hadir.
ADVERTISEMENT
Sekjen PAN Eddy Soeparno mengungkapkan, selain menjalin tali silaturahmi antar ketua umum partai, SBY dan Zulkifli turut membahas peluang terbentuknya poros ketiga di Pilpres 2019.
"Itu salah satunya (pembentukan poros ketiga), salah satu bagian dari komunikasi politik yang kita lagi jalin. Saya pikir apa yang dibahas antara Pak SBY dengan Pak Zul tentu tidak terlepas dari dinamika politik tahun 2019," kata Sekjen PAN Eddy Soeparno kepada wartawan, Kamis (31/5).
Ia menjelaskan, pertemuan kedua tokoh itu sebagai bentuk komunikasi politik tindak lanjut dalam penjajakan koalisi. Namun demikian, ia belum bisa memberitahukan detail pembahasan antara SBY dan Zulkifli.
"Jadi apa yang dibahas kedua tokoh itu tentu merupakan tindak lanjut dari komunikasi politik yang kita jalin secara terus menerus. Apa intinya saya mungkin belum bisa buka, " ujarnya.
ADVERTISEMENT
Eddy hanya menegaskan bahwa hingga saat ini, peluang poros ketiga di pilpres nanti belum tertutup. Sehingga memungkinkan terbentuknya kembali poros itu sama seperti yang pernah terjadi sebelumnya.
"Saya kira poros ketiga menurut saya meskipun dikatakan memang sulit terbentuk, tetapi kita tidak bisa menutup opsi itu sampai dengan betul-betul semua partai telah menyatakan dukungan kepada pihak tertentu," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan