kumparan
31 Mei 2018 20:39

Zulkifli: Pertemuan Jokowi-Amien Bisa Selesaikan Separuh Persoalan

Zulkifli Hasan di acara buka puasa bersama IARMI (Foto: Helmi Afandi/kumparan)
Rencana pertemuan Presiden Joko Widodo dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais membuat Ketum PAN Zulkifli Hasan bahagia. Bagaimana tidak, silaturahmi kedua tokoh tersebut diyakini dapat menyelesaikan banyak persoalan. Terlebih lagi pertemuan tersebut memanfaatkan momentum bulan Ramadhan.
ADVERTISEMENT
Dengan demikian, Zulkifli mendorong pertemuan tersebut bisa segera terealisasi, setelah sebelumnya sempat gagal terjadi.
"Mudah-mudahan bisa terjadi ya, apalagi di bulan baik, di bulan suci Ramadan, silaturahim itu penting sekali ya. Dengan silaturahim itu kan akan paling tidak menyelesaikan separuh persoalan, dengan ketemu itulah nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an kita," ujar Zulkifli seusai buka bersama di kediaman Ketua DPD Oesman Sapta Odang di Jalan Karang Asem Utara, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (31/5).
Menurut Zulkifli, Jokowi dan Amien Rais sebelumnya telah merencanakan pertemuan yaitu sekitar 3 bulan sampai 6 bulan yang lalu. Namun, entah mengapa rencana pertemuan saat itu urung terjadi.
Untuk rencana pertemuan yang saat ini, Zulkifli siap memfasilitasi agar keduanya bisa bertemu. Termasuk membicarakannya langsung dengan Presiden.
ADVERTISEMENT
"Jauh hari sudah saya sampaikan (ke Presiden). Oleh karena itu, kalau itu bisa terjadi, saya paling bahagia dan saya bersedia untuk apa pun," pungkasnya.
Jokowi dan Amien Rais. (Foto: Cornelius Bintang/kumparan & Jamal Ramadhan/kumparan)
Sebelumnya, wacana pertemuan ini dilontarkan langsung oleh Amien Rais usai menghadiri buka puasa bersama di kediaman Ketua MPR Zulkifli Hasan, Rabu (30/5). Saat ditanya soal sikap kritisnya terhadap Jokowi, Amien menyebut ada beberapa tokoh yang justru mendorongnya bertemu dengan Jokowi.
Namun, Amien menolak jika dia yang harus hadir ke Istana. Pendiri PAN itu berharap Jokowi lah yang menemuinya di kediaman di Yogyakarta.
"Saya menyampaikan amat sangat mudah sekali. Ya silakan Pak Jokowi terbang ke Yogya, bukan semata-mata ketemu saya tapi mungkin mau ke Gadjah Mada, Gunung Kidul, Sleman, mampirlah ke rumah saya. Kemudian nanti Pak Jokowi menyampaikan dengan secara baik-baik, sedangkan saya menyampaikan sesuatu yang saya inginkan dengan cara santun sopan dan etislah," tutur Amien.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan