kumparan
search-gray
Otomotif29 Juli 2020 6:55

2 Kebiasaan Salah Saat Menghidupkan AC Mobil

Konten Redaksi kumparan
2 Kebiasaan Salah Saat Menghidupkan AC Mobil (620996)
Pengaturan AC digital di Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
Mobil yang lama terparkir di bawah sinar matahari langsung, tentu bisa berakibat pada panasnya suhu udara di dalam kabin. Solusinya, pemilik mobil seringkali langsung terburu-buru menghidupkan AC mobil hingga hembusan angin yang paling kencang dan suhu paling dingin.
ADVERTISEMENT
Tujuannya, tentu saja agar udara panas di dalam kabin dapat segera berganti dengan udara yang lebih dingin dan sejuk. Sebagian orang pun beranggapan cara ini sudah paling tepat, namun benarkah demikian?
Melansir dari Autoevolution, cara tersebut justru dinilai tidak efektif dalam mendinginkan kabin mobil yang habis terjemur di bawah sinar matahari langsung.
2 Kebiasaan Salah Saat Menghidupkan AC Mobil (620997)
Mobil yang dipamerkan di open house mobil Subaru di halaman parkir Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Ngurah Rai, Jalan Airport Ngurah Rai. Foto: Denita BR Matondang/kumparan
Berdasarkan riset yang dilakukan SEAT --produsen mobil asal Spanyol-- cara itu sebenarnya hanya membuat hawa dan udara panas yang ada di dalam kabin mobil menjadi berputar dan tidak bersirkulasi.
Senada dengan riset tersebut, Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, mengatakan sebaiknya para pemilik mobil membuka terlebih dahulu seluruh kaca mobil sebelum menghidupkan AC.
Dengan membuka kaca akan membantu kinerja AC untuk mencapai suhu yang diinginkan jadi lebih cepat. Selain itu, dengan membuka kaca juga akan membuat hawa panas di dalam mobil menjadi keluar dan bersirkulasi," terang Didi kepada kumparan Selasa (28/7).

Perhatikan arah semburan kisi-kisi AC mobil

2 Kebiasaan Salah Saat Menghidupkan AC Mobil (620998)
Kisi-kisi AC DFSK Glory i-Auto Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Selain harus membuka seluruh kaca terlebih dahulu, para pemilik mobil sebaiknya juga memperhatikan arah semburan angin yang keluar dari kisi-kisi AC mobil.
ADVERTISEMENT
Insinyur dari Pusat Teknik SEAT, Angel Suarez, mengungkapkan para pemilik mobil sering kali salah kaprah dalam mengarahkan semburan angin dari kisi-kisi AC mobilnya.
"Arah hembusan harusnya condong ke atas, bukan ke arah muka. Maka udara akan mengalir ke sekitar interior mobil dan memberikan kesejukan pada semua penumpang secara konstan," jelas Angel.
2 Kebiasaan Salah Saat Menghidupkan AC Mobil (620999)
Pengaturan AC baris kedua Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
Tidak lupa, Angel juga mengingatkan agar para pemilik mobil rutin melakukan perawatan dengan membersihkan berbagai komponen AC mobilnya setiap 15 ribu atau 25 ribu kilometer, agar kinerja AC mobil menjadi lebih optimal.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white