kumparan
18 Desember 2017 8:06

5 City Car Terlaris: Suzuki Ignis Geser Posisi Honda Brio

Suzuki Ignis
Suzuki Ignis (Foto: Gesit Prayogi/kumparan.com)
City car menjadi segmen yang cukup diperhitungkan tahun ini. Model teranyar dari Suzuki, Ignis pun sukses merangsang pasar dan mengubah peta persaingan.
ADVERTISEMENT
Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), distribusi dari pabrik ke diler (wholesales) city car -- di luar model Low Cost Green Car (LCGC)-- mencapai 28.883 unit. Artinya berhasil pasarnya naik dibandingkan periode Januari-November tahun sebelumnya dengan 21.234 unit.
Kehadiran Suzuki Ignis membuat posisi Honda Brio lengser kursi teratas sebagai city car terlaris. Lalu, bagaimana dengan yang lain, berikut kumparanOTO rangkum lima model penguasa segmen city car:
1. Suzuki Ignis
Mobil garapan PT Suzuki Indomobil Sales ini baru diluncurkan April 2017 silam. Meskipun usianya baru seumur jagung, Suzuki Ignis berhasil menjadi yang terlaris. Menurut data, distribusi mobil ini mencapai 11.885 unit.
Kesuksesan Suzuki Ignis tak lepas dari konsep urban SUV yang mereka anut. Respons konsumen pun tinggi terhadap mobil yang dikirim utuh dari India tersebut.
Suzuki Ignis GL AGS
Suzuki Ignis GL AGS (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
Adapun, Suzuki Ignis juga dilengkapi dengan fitur-fitur, seperti auto lock system, alarm system, keyless entry, dan anti-lock braking system (ABS).
ADVERTISEMENT
2. Honda Brio
Honda yang harus legowo menjadi tumbal dari debut cemerlang Suzuki Ignis. Periode Januari-November 2017, mereka hanya mengamankan 9.998 unit, atau terkoreksi sedikit dari periode yang sama tahun lalu dengan 9.205 unit.
Honda Brio
Honda Brio (Foto: Gesit Prayogi/kumparan.com)
3. Nissan March
Nissan bisa dibilang masih bisa diperhitungkan untuk kelas city car. Di tengah gempuran di segmen LMPV dan SUV, mereka berhasil menempati urutan ketiga dengan model March.
Nissan March
Nissan March (Foto: NMI)
Mengacu data Gaikindo, mobil lima penumpang Nissan didistribusi sebanyak 2.272 unit, atau meningkat dibandingkan periode Januari-November tahun lalu dengan 1.973 unit.
4. Daihatsu Sirion
City car andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) turun cukup dalam tahun ini. Data menunjukkan wholesales Daihatsu Sirion hanya mencapai 1.685 unit dari 2.950 unit untuk periode Januari-November.
Daihatsu Sirion
Daihatsu Sirion (Foto: ADM)
5. Mitsubishi Mirage
ADVERTISEMENT
Tiga berlian berada di posisi paling buncit dalam daftar lima city car terlaris. Lewat Mitsubishi Mirage, mereka mengamankan 1.604 unit. Bila dibandingkan dengan periode Januari-November tahun lalu, yang mencatatkan 2.833 unit Mirage turun cukup signifikan.
Mitsubishi Mirage
Mitsubishi Mirage (Foto: Gesit Prayogi/kumparan.com)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan