Otomotif22 Februari 2018 14:40

6 Fokus Ubahan di New Toyota Yaris

Konten Redaksi kumparan
6 Fokus Ubahan di New Toyota Yaris (147934)
New Toyota Yaris (Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO)
New Toyota Yaris menjadi amunisi Toyota di tahun 2018. Mendapat ubahan di sektor kosmetika, penambahan fitur menjadi jurus PT Toyota-Astra Motor (TAM) untuk kembali mendongkel Honda Jazz di posisi puncak.
ADVERTISEMENT
Product Knowledge PT TAM Tommy Hermansyah menjelaskan, new Toyota Yaris ini dikembangkan dengan fokus fun to drive tapi juga tetap nyaman dikendarai. Mengingat, segmentasi Yaris mengarah ke anak muda dan keluarga muda.
6 Fokus Ubahan di New Toyota Yaris (147935)
New Toyota Yaris (Foto: Dok. PT TAM)
Dalam paparannya, dia menjelaskan sejumlah aspek ubahan pada new Yaris. kumparanOTO pun menyimpulkan, setidaknya ada enam fokus peningkatan di hatchback baru ini.
1. Eksterior
"Bagian fascia bisa dibilang masuk ke kategori big minor change ya, mulai dari eksterior, lampu-lampu, pilar-pilar juga diubah," kata Tommy.
Ubahan pada eksterior memang begitu ketara dengan desain dari bempernya yang berubah. Dia punya grille baru, lampu DRL, dan desain lampu utama dengan desain tajam. Pada tipe TRD Sportivo, ada fitur follow me home dan aerokit.
6 Fokus Ubahan di New Toyota Yaris (147936)
New Toyota Yaris (Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO)
Kemudian untuk menunjang tampilannya, Toyota juga memasangkan velg alloy 16 inci dengan desain baru. Tak ketinggalan, pada TRD Sportivo ada cover spion kelir hitam dan sideskirt.
ADVERTISEMENT
Di bagian buritan, kita akan melihat desain lampu kombinasi yang lebih tajam. Di atap ada antena radio berjenis shark fin. Sementara pada TRD Sportivo ada tambahan rear spoiler dan aerokit di bagian bumper.
2. Interior
Di interior juga tatanan dashboard mengalami revisi. Aura elegan coba dibangun dengan penambahan aksen silver pada beberapa panelnya. Panel pada pintu juga sudah dilapisi dengan bahan soft touch. Tak ketinggalan, panel instrumen juga berubah.
Pada TRD Sportivo dia memiliki paddle shift dan Auto AC dengan layar digital. Kemudian, dia juga mendapat audio infotainment system yang sudah mendukung fitur weblink, fitur door lock sound control, dan auto folding mirror.
6 Fokus Ubahan di New Toyota Yaris (147937)
Dashboard new Yaris (Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO)
Nah, pada kursi baris kedua, ada perbaikan posisi headrest yang dibuat lebih ke belakang. Kemudian ada ubahan sudut torsi dari 23 derajat menjadi 25 derajat yang berdampak pada kenyamanan posisi duduk dan ubahan material untuk menyangga tulang belakang agar posisi duduk lebih relaks.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ada revisi pada kursi bagian bawah paha juga memberikan kondisi duduk yang lebih nyaman.
3. Modus Berkendara
New Toyota Yaris masih mempertahankan penggunaan mesin 2NR-FE 4 silinder, 16 katup, DOCH, Dual-VVT-i yang menyemburkan tenaga 105 daya kuda (dk) pada 6.000 rpm dan torsi 137 Nm pada 4.200 rpm.
Meski mengusung mesin yang sama, hadirnya dua modus berkendara bisa membuat akselerasi new Yaris lebih baik dan lebih irit. "Jadi fun to drive dan fuel consumption bagus. Dengan adanya eco mode akan lebih efisien," paparnya.
4. Pengendalian dan Stabilitas
Selain mencari fun to drive otomatis, pengendalian dan stabilitas pada new Yaris juga perlu ditingkatkan.
ADVERTISEMENT
"Pertama crossbar di depan tepatnya braket di sisi kanan dan kiri dudukannya ditebelin supaya dia lebih gigit," kata Tommy. Ubahan ini membuat akurasi setir juga bertambah.
6 Fokus Ubahan di New Toyota Yaris (147938)
Ubahan new Yaris (Foto: Dok. TAM)
Tak luput titik-titik pengelasan juga ditambah untuk membuat membuatnya semakin rigid dan pengaturan suspensi.
"Makanya si Yaris ini kami atur supaya bagaimana caranya handling-nya oke tapi juga tetap nyaman," tuturnya.
Selain itu, mereka juga melakukan peningkatan di Electronic Power Steering Yaris dengan menyesuakan assistance tourqe untuk memberikan pengendalian setir yang lebih baik.
5. Safety
Di kelasnya, new Yaris bisa dibilang menjadi yang terlengkap dalam urusan fitur keselamatan.
6 Fokus Ubahan di New Toyota Yaris (147939)
New Toyota Yaris (Foto: Dok. PT TAM)
New Yaris punya 7 airbags, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), ABS+ EBD+ BA, sabuk pengaman tiga titik untuk seluruh penumpang, dan ISOFIX pada seluruh tipe. Sementara TRD Sportivo mendapat Emergency Brake Signals.
ADVERTISEMENT
6. Kabin Lebih Senyap
Menurut Tommy, salah satu masukan dari konsumen adalah soal tingkat kekedapan kabin. Pada new Toyota Yaris mereka menambahkan sejumlah komponen termasuk pada area dashboard dan fender untuk mereduksi suara yang masuk ke dalam kabin.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white