kumparan
28 Mei 2018 6:53

AHM: Tak Ada Recall untuk Atasi Isu Suspensi Bengkok Honda PCX

All New Honda PCX
All new Honda PCX (Foto: Alfons Yoshio)
Sejumlah pemilik Honda PCX mengeluh. Suspensi belakang skutik gambot mereka bengkok. Keluhan itu viral dan menjadi bahan diskusi di salah satu laman komunitas Honda PCX di media sosial Facebook dalam beberapa bulan terakhir.
ADVERTISEMENT
PT Astra Honda Motor (AHM) pun merespons keluhan tersebut dan menegaskan bahwa bengkoknya suspensi pada sejumlah Honda PCX bukan karena kegagalan dari produksi. Sehingga, pabrikan sayap mengepak itu tidak punya rencana untuk mengeluarkan kampanye penarikan atau recall untuk mengatasi isu tersebut.
“Enggak, (tidak akan ada recall). Itu sama sekali bukan cacat produksi,” papar Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya saat menanggapi kasus bengkoknya suspensi belakang Honda PCX.
Thomas memaparkan, suspensi yang terlihat bengkok itu merupakan penyesuaian akan bentukan suspensi untuk menopang bobot Honda PCX yang dianggap berbeda dengan motor-motor lain.
"Tentu dengan (bodi) motor yang besar, pastinya akan memiliki bobot yang berbeda. Secara desain, kami membuat bagaimana shockbreaker itu bisa lebih fleksibel. Jadi baik yang ke atas maupun ke bawah dan sampingnya itu kami longgarkan lah ibaratnya supaya ada toleransi, yang pada saat masuk ke jalanan yang mungkin polisi tidur dan sebagainya, dia justru lebih fleksibel dan adjust. Tetapi secara visual ternyata membuat konsumen itu menjadi kok serasa aneh ya. padahal tujuannya agar bisa lebih fleksibel dan lebih adjust," jelas Thomas.
Kasus suspensi belakang Honda PCX bengkok
Kasus suspensi belakang Honda PCX bengkok (Foto: dok. istimewa)
Adapun, Thomas memastikan bahwa seluruh unit Honda PCX yang dikirimkan ke konsumen sudah melewati beberapa tahap pengecekan.
ADVERTISEMENT
“Sekali lagi, ini bukan kesalahan produksi, kenapa? Pertama, karena semua unit yang kami produksi pasti sudah kami lakukan serangkaian tes, dan kami juga lakukan final check untuk tahap akhirnya,” imbuhnya.
Thomas menambahkan, jaringan AHM akan sangat terbuka untuk menanggapi segala keluhan yang datang dari konsumen PCX terkait kasus bengkoknya suspensi belakang skutik gambot ini.
“Kalau ada yang merasakan nggak srek ataupun kurang puas, kami sangat terbuka untuk berdiskusi dengan konsumen. Artinya seluruh jaringan kami siap menangani kalau konsumen merasa kurang nyaman terkait suspensi mereka. Dan kalau memang konsumen butuh adjuster untuk kami sesuaikan lagi posisinya ya itu akan dilakukan oleh jaringan kami,” tutup Thomas.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan