Otomotif
·
2 Desember 2018 19:03

All New Jeep Wrangler: Spesifikasi, Fitur, dan Harga

Konten ini diproduksi oleh kumparan
All New Jeep Wrangler: Spesifikasi, Fitur, dan Harga (40632)
All New Jeep Wrangler Rubicon (Foto: Alfons.Yoshio/kumparan)
All new Jeep Wrangler resmi diperkenalkan untuk pasar Indonesia, Sabtu (1/12). PT Hascar International Motor (Hascar) menjadi distributor resmi baru yang dipercaya menghadirkan sport utility vehicle (SUV) tangguh dan legendaris ini untuk pasar domestik.
ADVERTISEMENT
Antusiasme masyarkat pun terbukti sangat tinggi. Sebelum launching perdana, 30 unit all new Jeep Wrangler varian tertinggi, Rubicon, yang disiapkan untuk batch pertama mobil buatan Amerika ini langsung ludes.
"Wrangler ini mobil yang ikonis dan mempertahankan itu dengan perpaduan unsur modern. Desainya tetap dipertahankan jadi pecintanya tidak meninggalkan, di sisi lain --yang kita surprise--, dari beberapa pembeli di batch pertama ini bukan pemilik Jeep sebelumnya jadi orang baru," ujar CEO Hascar, Ari Utama tentang produk perdana yang di-launching perusahannya ini.
Desain
Hal ikonik yang disebut Ari, salah satunya merujuk ke grille 7-slot legendaris yang mendapat sentuhan tampilan baru, dengan grille terluar yang bersinggungan dengan lampu depan. Selain itu tampilan luarnya juga masih sangat kental unsur Jeep-nya.
All New Jeep Wrangler: Spesifikasi, Fitur, dan Harga (40633)
All New Jeep Wrangler Rubicon (Foto: Alfons.Yoshio/kumparan)
Namun Jeep menambahkan beberapa teknologi modern mulai dari semua lampunya yang sudah LED, lalu ada juga lampu DRL yang membentuk lingkaran cahaya di luar parimeter lampu depan.
ADVERTISEMENT
Bagian interiornya juga terlihat kekinian dan mewah dengan jok kulit dengan aksen jahitan berwarna merah. Selain itu sisi modern juga diperkuat lewat perangkat hiburan yang dimaksimalkan lewat sistem Uconnect lewat layar sentuh 8,4 inci dengan GPS, bluetooth, dan koneksi Apple CarPlay serta Android Auto.
All New Jeep Wrangler: Spesifikasi, Fitur, dan Harga (40634)
All New Jeep Wrangler (Foto: Alfons Yoshio/kumparan)
Spesifikasi umum
Mesin Tipe: 2.0 liter Turbo I-4 Kapasitas: 1.995 cc Tenaga maksimal: 270 daya kuda (dk) pada 5.250 rpm Torsi maksimal: 400 Nm pada 3.000 rpm Transmisi: Otomatis 8-percepatan
All New Jeep Wrangler: Spesifikasi, Fitur, dan Harga (40635)
All New Jeep Wrangler Rubicon (Foto: Alfons.Yoshio/kumparan)
Dimensi Panjang: 4.785 mm (4.237 mm pada model 2-pintu) Lebar: 1.875 mm Tinggi: 2.868,4 mm Jarak terendah dari tanah: 274,32 mm Whellbase: 3.008 mm (2.460 mm pada model 2-pintu) Berat kosong: 2.034 kg (1.894 kg pada model 2-pintu) Kapasitas tangki: 81,4 liter (70 liter pada model 2-pintu)
ADVERTISEMENT
Penunjang off-road
All New Jeep Wrangler: Spesifikasi, Fitur, dan Harga (40636)
All New Jeep Wrangler Rubicon (Foto: Alfons.Yoshio/kumparan)
Sebagai SUV tangguh yang dikenal dapat menerjang smua medan, all new Jeep Wrangler Rubicon sudah dilengkapi dengan sistem 4x4 Command-Trac dan Rock-Trac. Selain itu garda Dana 44 di as depan dan belakang dengan Tru-Lock juga sudah digunakan.
Selain itu mobil ini juga sudah dilengkapi dengan suspensi coil spring 5-link. Suspensi depan all new Jeep Wrangler menampilkan lengan kontrol lateral dan emapta lengan kontrol memanjang. Sementara suspensi belakangnya memiliki dua lengan kontrol baja tempa atas dan dua di bawah untuk kontrol longitudinal, dan track bar untuk kontrol gardan lateral.
Pelengkap kaki-kaki, velg 17 inci berbahan aluminum denang desain palang 5x2 berbentuk huruf 'Y' dilapisi dengan ban BFGoodrich 33 inci M/T.
All New Jeep Wrangler: Spesifikasi, Fitur, dan Harga (40637)
All New Jeep Wrangler (Foto: Alfons Yoshio/kumparan)
Dengan kaki-kaki yang tinggi, all new Jeep Wrangler Rubicon punya approach angle 44 derajat (43,9 derajat pada model 2-pintu) dan departure angle: 37 derajat. Juga menurut klaim Hascar mobil ini mampu menerobos air hingga ketinggian 70 cm dan kemampuan menarik beban hingga 1.600 kg.
ADVERTISEMENT
Fitur
Disiapkan untuk melawan berbagai macam medan, all new Jeep Wrangler punya fitur keselamatan dan keamanan yang cukup lengkap. Ada lebih dari 75 fitur keselamatan dan keamanan aktif maupun pasif yang tersedia.
All New Jeep Wrangler: Spesifikasi, Fitur, dan Harga (40638)
All New Jeep Wrangler Rubicon (Foto: Alfons.Yoshio/kumparan)
Beberapa di antaranya adalah kamera parkir dengan garis dinamis, Electronic Stability Control (ESC), Elecroninc Roll Mitigation (ERM), dan empat buah SRS Airbag.
Selain itu all new Jeep Wrangler juga sudah dapat dioperasikan tanpa anak kunci lewat hadirnya fitur Keyless Go dan tombol Engine Stop Start (ESS). Selain itu layar multi information display (MID) 7-incinya juga menyediakan beragam informasi mulai dari speedometer digital, integrasi audio sampai dengan pemerikasaan tekanan ban.
Harga dan ketersediaan
Meski gelombang pembelian pertama sudah ditutup karena produknya sudah ludes, Hascar tetap menerima pemesanan karena bulan Januari 2019 proses produksi di Amerika akan mulai kembali dan harapannya bulan April 2019. Ada lima varian yang ditawarkan dalam all new Jeep Wrangler.
ADVERTISEMENT
Pertama varian terendah alias paling dasar Sport dengan pilihan 2-pintu yang dibanderol dengan harga Rp 1,119 miliar sementara pilihan 4-pintunya ditawarkan dengan harga Rp 1,399 miliar.
Varian berikutnya adalah Sahara yang menawarkan kualitas interior yang lebih baik dan lebih ke pemakaian sehari-hari ditawarkan dengan harga Rp 1,499 miliar untuk model 4-pintu dan terakhir varian tertingi, Rubicon, dibanderol Rp 1,499 miliar untuk model 2-pintu dan Rp 1,599 miliar untuk model 4-pintu.