Otomotif13 September 2020 11:03

Amankah Bawa Sepeda di Atap dan Belakang Mobil?

Konten Redaksi kumparan
Amankah Bawa Sepeda di Atap dan Belakang Mobil? (312984)
Membawa sepeda di bagian atap mobil. Foto: dok. Carsguide
Tren penggunaan sepeda terus mengalami peningkatan selama pandemi COVID-19. Banyak masyarakat yang mulai rutin bersepeda pada akhir pekan bersama seluruh keluarganya.
ADVERTISEMENT
Umumnya, mereka akan membawa sepeda tersebut terlebih dahulu menggunakan mobil pribadi, untuk selanjutnya melanjutkan bersepeda di satu tempat tertentu.
Saat membawa sepeda dengan menggunakan mobil tersebut, beberapa orang sering kali meletakkan sepedanya tersebut di atas mobil menggunakan roof bar atau di belakang menggunakan pengait sepeda khusus.
Lantas yang menjadi pertanyaan selanjutnya, seberapa amankah membawa sepeda pada bagian atap atau belakang mobil tersebut?
Amankah Bawa Sepeda di Atap dan Belakang Mobil? (312985)
Membawa sepeda di bagian atap mobil. Foto: dok. Whichcar.au
Founder sekaligus instruktur senior dari Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan hadirnya sepeda pada bagian atap atau belakang mobil memang cukup berbahaya, bahkan bisa saja memicu terjadinya kecelakaan.
"Terkait sepeda yang ditaruh di atas, seringkali pengemudi saat sedang mengemudi itu terlupa bahwa di bagian atasnya ini ada sepeda. Akibatnya saat masuk komplek yang ada portal atau gerbang tol, mereka main hantam saja," jelas Jusri kepada kumparan beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ada sepeda atas mobil bisa berimbas pada aerodinamika mobil, terutama saat sedang berada di jalan tol.
Amankah Bawa Sepeda di Atap dan Belakang Mobil? (312986)
Membawa sepeda di bagian belakang mobil. Foto: dok. Istimewa
Kemudian bila di bagian belakang mobil, selain bisa menghalangi keberadaan lampu rem, tidak jarang juga bisa membahayakan pengendara lain.
"Saya pernah menemukan satu kasus di sekitar bundaran Pondok Indah, itu ada sepeda motor yang secara enggak sengaja kesabet sama sepeda yang ditaruh di belakang mobil," tutur Jusri.

Letakkan sepeda pada bagian dalam mobil

Amankah Bawa Sepeda di Atap dan Belakang Mobil? (312987)
Cara masukkan sepeda ke kabin mobil bagian crank jangan sampai tertindih. Foto: dok. MMKSI
Karena itu, cara teraman untuk membawa sepeda menggunakan mobil, yakni dengan meletakkannya di bagasi atau di bagian kabin.
Jadi yang paling aman untuk membawa sepeda itu tetap di bagian dalam. Untuk yang sepeda lipat mungkin bisa dilipat supaya tidak makan tempat, lalu yang sepeda besar mungkin bisa dilepas dahulu bannya supaya muat," beber Jusri.
Dengan memperhatikan hal tersebut, kata Jusri, masyarakat pun bisa tetap berolahraga dan menghabiskan waktu bersama keluarganya dengan bersepeda tanpa membahayakan dan merugikan pengguna jalan lainnya.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)