Otomotif
·
1 Desember 2020 10:20

Amankah Mobil Listrik Hyundai Ioniq, Kolongnya Disemprot Air Bertekanan Tinggi?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Amankah Mobil Listrik Hyundai Ioniq, Kolongnya Disemprot Air Bertekanan Tinggi? (17185)
Hyundai Ioniq Foto: dok. Hyundai
Populasi mobil listrik didorong untuk terus tumbuh di Indonesia. Beragam model pun sudah diluncurkan dan siap dipinang, termasuk Hyundai Ioniq.
ADVERTISEMENT
Nah buat yang ingin memilikinya, mobil listrik juga perlu perawatan seperti layaknya mobil konvensional, seperti rutin dicuci.
Tapi apakah ada perlakuan khusus ketika dicuci, dan amankah bagian kolong kena semprotan air?
Menjawab kekhawatiran itu, Service General Manager PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Putra Samiadji, mengatakan menyemprot kolong mobil dengan semprotan air bertekanan tinggi sangat tidak direkomendasikan.
"Sebenarnya tidak hanya di mobil listrik saja ya, mobil-mobil bensin sekarang pun kalau disemprot air bertekanan sangat tinggi dari bawah lalu diarahkan ke ruang kompartemen mesin, sangat tidak disarankan," ujar Putra kepada kumparan beberapa waktu lalu.
Amankah Mobil Listrik Hyundai Ioniq, Kolongnya Disemprot Air Bertekanan Tinggi? (17186)
Ilustrasi Cuci Mobil Foto: dok. Istimewa
Sebab, hal itu bisa saja akan berdampak tidak hanya pada sistem kelistrikan saja, namun juga sensor-sensor yang ada di mobil tersebut.
ADVERTISEMENT
Meskipun begitu, lanjut Putra, apabila cipratan air yang mengarah ke ruang mesin itu tidak bertekanan tinggi atau tidak sengaja, seperti cipratan becek dari jalanan, maka tidaklah masalah.
"Di Hyundai Ioniq dan Kona listrik itu sudah dilengkapi dengan perlindungan khusus. Jadi tidak hanya cipratan atau semprotan air saja, debu pun tidak akan bisa masuk," terang Putra.
Amankah Mobil Listrik Hyundai Ioniq, Kolongnya Disemprot Air Bertekanan Tinggi? (17187)
Hyundai Kona listrik. Foto: dok. Hyundai
Karena itu, Putra pun menyarankan apabila memang ingin membersihkan bagian kolong mobil, maka gunakanlah air bertekanan sedang atau rendah.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)