Otomotif
·
3 Desember 2020 14:30

Antara MG ZS dan Kia Sonet, Lebih Pilih Mana?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Antara MG ZS dan Kia Sonet, Lebih Pilih Mana? (143777)
Cover infografik komparasi MG ZS dan Kia Sonet. Foto: Masayu Antarnusa/kumparan
Ada dua model SUV yang sempat mencuri perhatian tahun ini, lantaran menjadi pemain baru dikelasnya, yakni MG ZS dan Kia Sonet. MG ZS meluncur 24 Maret 2020, sementara Kia Sonet belum lama ini pada 11 November 2020.
Antara MG ZS dan Kia Sonet, Lebih Pilih Mana? (143778)
MG ZS Foto: dok. MG Motor Indonesia
Sebenarnya MG punya amunisi lain, sebutannya MG HS. Tapi harga dan kelasnya lebih berada di atas, kurang pas rasanya bila disandingkan dengan Kia Sonet.
ADVERTISEMENT
Oke balik lagi ke ulasan Kia Sonet dan MG ZS. Perawakan keduanya hampir sama, berupa SUV crossover berukuran kompak. Kenapa kompak, karena tidak terlalu kecil juga tidak begitu besar.
Antara MG ZS dan Kia Sonet, Lebih Pilih Mana? (143779)
Tampilan depan Kia Sonet. Foto: dok. Kia Indonesia
Tapi dari dimensi MG ZS lebih panjang, namun Kia Sonet lebih jangkung rupanya. Secara tampilan juga MG ZS mencerminkan nuansa elegan dan sporty, sedangkan Kia Sonet kuat karakter maskulin dan jiwa petualangnya.

Fitur Kia Sonet dan MG ZS hampir serupa

Sebagai pemain baru, keduanya coba menawarkan diferensiasi berupa fitur yang beda dari yang lain. Contohnya yang menjadi nilai jual adalah sunroof, akses tanpa kunci alias keyless, hingga cruise control.
Antara MG ZS dan Kia Sonet, Lebih Pilih Mana? (143780)
Interior dan layout dashboard MG ZS Foto: dok. MG Motor Indonesia
Belum lagi kelengkapan fitur keselamatan yang terbilang komplet untuk mobil baru di bawah Rp 300 jutaan. Di saat model lain belum memiliki Hill Starts Assist dan masih mengandalkan 2 airbags, MG ZS dan Kia Sonet malah bisa lebih menawarkan dari itu.
ADVERTISEMENT
Bukan kaleng-kaleng airbags MG ZS tersebar di 6 titik, sedangkan Kia Sonet 4 titik. Tampaknya masing-masing pabrikan coba all out dan tanpa kompromi soal aspek keselamatan.
Antara MG ZS dan Kia Sonet, Lebih Pilih Mana? (143781)
Interior Kia Sonet. Foto: dok. Kia Indonesia
Oh iya dua-duanya punya akomodasi 5-penumpang. Persamaannya lagi adalah sama-sama menggendong mesin 1.500 naturally aspirated.
Selebihnya tinggal Anda pilih, mau SUV baru berdarah blasteran Korea Selatan-India yakni Kia Sonet, atau SUV kompak campuran Inggris-China, MG ZS? Semua kembali lagi ke kebutuhan dan preferensi tentunya.
Nah buat tahu perbandingan antar keduanya, simak ulasan khas komparasi otomotif khas kumparan berikut ini. Sekalian bisa dijadikan referensi saat Anda mempertimbangkan keduanya, check this, ya!
Antara MG ZS dan Kia Sonet, Lebih Pilih Mana? (143782)
Infografik komparasi MG ZS dan Kia Sonet. Foto: Masayu Antarnusa/kumparan