kumparan
Otomotif23 Mei 2020 13:03

Apa Kabar Daihatsu Xenia di Tengah Kondisi Darurat Corona?

Konten Redaksi kumparan
Daihatsu Xenia tipe terendah
Daihatsu Xenia tipe terendah Foto: dok. Daihatsu
Daihatsu Xenia masih menunjukkan tajinya pada segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), di tengah hantaman pandemi virus corona.
ADVERTISEMENT
Per Januari-April 2020, data PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatat kembaran Toyota Avanza itu terjual 5.000 unit.
Jumlah itu berkontribusi sebesar 10,1 persen dari pangsa pasar nasional. Xenia pun diklaim menjadi LMPV terlaris ketiga, pada empat bulan pertama 2020.
“Kami bersyukur, walaupun sudah 16 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada 2004, di segmen MPV Low, Daihatsu Xenia masih tetap dipercaya dan menjadi yang terlaris ke-3 dipilih oleh masyarakat Indonesia per YTD (year to date) April 2020,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Amelia Tjandra, dalam keterangan tertulis yang diterima kumparan, Jumat (22/5).
Daihatsu Xenia Sport di GIIAS 2019
Daihatsu Xenia Sport di GIIAS 2019 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Kiprah "Mobil Sejuta Umat" dimulai pada tahun 2004, di mana hanya Xenia dan Avanza yang menjadi pemain LMPV. Persaingan di segmen ini berlanjut hingga kini dan terdapat 7 merek yang bersaing.
ADVERTISEMENT
Di tengah rivalitas antar-merek, Daihatsu Xenia telah terjual lebih dari 670 ribu unit sejak 2004 hingga April 2020. Selama itu pun Xenia mengalami perubahan model sebanyak 2 generasi.
"Ini jadi bukti Xenia selama lebih dari 16 tahun, tetap dipercaya menjadi salah satu mobil MPV terbaik pilihan keluarga dan masyarakat Indonesia," ujarnya.
Daihatsu Xenia
Daihatsu Xenia Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Segmen LMPV memang menjadi salah salah segmen yang paling gemuk di pasar otomotif Indonesia. Buktinya, meski penjualan menurun karena pandemi hingga 4 bulan tahun ini, LMPV masih berkontribusi sekitar 20.8 persen dari total market nasional.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut selama Januari-April 2020, angka ritel mobil nasional tercatat 243 ribut unit atau terkoreksi 28,5 persen dibanding tahun lalu.
ADVERTISEMENT
Sementara di periode yang sama, penjualan ritel Daihatsu mencapai 44.346 unit atau merosot 26,9 persen. Meski secara volume nasional menurun, pabrikan Negeri Sakura itu mengalami kenaikan pangsa pasar menjadi 18,2 persen.
===
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan