Otomotif
·
7 April 2021 10:05

Bedah Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige, SUV yang Kena Diskon PPnBM Rp 36 Juta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bedah Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige, SUV yang Kena Diskon PPnBM Rp 36 Juta (6652)
Honda CR-V Facelift. Foto: dok. Honda Prospect Motor
Honda CR-V adalah salah satu mobil yang mendapat diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). SUV monokok tersebut memenuhi persyaratan diproduksi dalam negeri dan punya local purchase 62 persen.
ADVERTISEMENT
Semua tipe CR-V bisa dibeli dengan diskon dari pemerintah. Mulai dari versi mesin 2.000 cc atau 1.500 cc dengan turbo. Varian tertinggi Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige harganya dari semula Rp 577 menjadi 540,5 juta atau didiskon Rp 36,5 juta.
Bedah Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige, SUV yang Kena Diskon PPnBM Rp 36 Juta (6653)
Honda CR-V Facelift. Foto: dok. Honda Prospect Motor
Model yang dijual merupakan versi facelift terbaru yang meluncur 18 Februari lalu. Fiturnya jadi makin melimpah, khususnya tipe yang tadi disebutkan.
Tertarik membelinya? Sebelum itu mari kita bedah dulu ada apa saja fitur dan keunggulannya.
Sebagai tipe tertinggi, varian ini tentunya tampil beda dan istimewa. Sekilas tampak tak begitu beda dengan varian lainnya dari luar. Sama-sama pakai lampu LED reflektor, pun dengan lampu kabutnya.
Bedah Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige, SUV yang Kena Diskon PPnBM Rp 36 Juta (6654)
Honda CR-V Facelift. Foto: dok. Honda Prospect Motor
Diferensiasinya adalah desain lampu seinnya berupa sequential, bukan kedap-kedip biasa tapi seakan lampunya berjalan. Hanya saja cuma untuk sisi depan.
ADVERTISEMENT
Selebihnya dari luar sudah lengkap dengan defogger, wiper belakang, spoiler dengan high mount stop lamp, antena shark fin, kamera mundur, sein pada spion, velg dual tone 18 inci, semua lampu sudah LED, dan pakai muffler berdesain trapesium.
Bedah Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige, SUV yang Kena Diskon PPnBM Rp 36 Juta (6655)
Honda CR-V Facelift. Foto: dok. Honda Prospect Motor
Lanjut ke dalam baru lebih keluar aura anyarnya. Nuansanya serba hitam dan dilengkapi material soft touch pada dashboard. Ada pula head unit yang terintegrasi dengan sistem mobil.
Guna menambah kenyamanan penumpang, tipe tertinggi ini sudah pakai jok semuanya kulit, fitur panoramic sunroof, kisi-kisi AC sampai baris belakang port USB total 4 titik, juga power outlet 12 volt.
Bedah Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige, SUV yang Kena Diskon PPnBM Rp 36 Juta (6656)
Honda CR-V Facelift. Foto: dok. Honda Prospect Motor
Nah kemudian urusan kenyamanan pengemudi juga terbilang kelas wahid. Setir bisa diatur tilt maupun teleskopik, spion tengah day/night manual, spedoometer layar TFT, pengaturan kursi elektrik, paddle shift, tombol audio pada setir, lampu dan wiper otomatis, sampai park brake electric. Selengkapnya sudah ada:
ADVERTISEMENT
  • Seatbelt height adjuster
  • Sunshade dengan cermin
  • AC dual zone
  • Pengaturan spion samping serba elektrik
  • Pelipatan jok baris kedua 60:40
  • Pelipatan jok baris belakang 50:50
  • Armrest jok tengah
  • One touch tumble
  • Tempat kaca mata pada plafon
  • Smart keyless+tombol starter
Jujur, bicara fitur seperti tak ada habisnya. Penjelasan berikutnya akan bahas fitur keselamatan Honda CR-V ini yang dibalut dalam teknologi Honda Sensing.
Bedah Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige, SUV yang Kena Diskon PPnBM Rp 36 Juta (6657)
Honda CR-V Facelift. Foto: dok. Honda Prospect Motor
Bedah Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige, SUV yang Kena Diskon PPnBM Rp 36 Juta (6658)
Honda CR-V Facelift. Foto: dok. Honda Prospect Motor
Fungsinya bisa membuat pengemudi lebih siaga dan memungkinkan operasi mobil bergerak secara semi otonomos. Ini karena Honda Sensing terdiri dari:
  • Collision Mitigation Braking System
  • Adaptive Cruise Control with Low Speed Control
  • Road Departure Mitigation
  • Lane Keeping Assist
  • Auto High Beam
Masih ada lagi, yakni fitur keselamatan dan keamanan berupa 6 airbag, Driver Attention Monitor, Brake Override System, Hill Start Assist, Walk Away Auto Lock, power tailgate pakai sensor kaki, kamera mundur yang bisa disetel sudut pandangnya.
Bedah Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige, SUV yang Kena Diskon PPnBM Rp 36 Juta (6659)
Interior Honda CR-V Facelift Foto: dok. Honda Prospect Motor

Spesifikasi mesin Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige

Paling terbaru ada fungsi menyalakan (atau mematikan) mesin melalui remotnya. Ini digunakan untuk mendinginkan suhu kabin dulu sebelum masuk ke mobil, makanya kenyamanan jadi poin yang tak mau dikompromikan Honda.
ADVERTISEMENT
Terakhir bicara dapur pacu Honda CR-V 1.5 Prestige. Berdasarkan data teknis mesin bensinnya berkubikasi 1.498 cc VTEC dengan turbo, yang menjanjikan tenaga 188 dk pada 5.600 rpm dn torsi maksimal 240 Nm yang diraih pada putaran 2.000 sampai 5.000 rpm.