Otomotif
·
6 Agustus 2020 10:30

Belajar dari Truk Kontainer Mundur di Tanjakan yang Viral

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Belajar dari Truk Kontainer Mundur di Tanjakan yang Viral  (130862)
Truk Kontainer di Sulawesi Selatan mundur lalu gilas kendaran alinnya. Foto: Dok. Istimewa
Kecelakaan yang diakibatkan rem blong pada kendaraan besar, seperti truk kontainer, kembali terjadi lagi. Kali ini kecelakaan tersebut terjadi di kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan unggahan video yang beredar di media sosial, terlihat sebuah truk kontainer bermuatan peti kemas meluncur mundur saat berada di sebuah jalan yang menanjak.
Diduga truk kontainer tersebut tidak kuat untuk menanjak dan akhirnya mengalami rem blong. Akibatnya, 3 mobil yang berada di belakangnya pun harus tertabrak karena tidak sempat untuk menghindar.
Beruntungnya, sebuah sepeda motor yang juga berada di belakang truk kontainer tersebut, masih sempat untuk menghindar dari terjangan truk kontainer itu.
Jika melihat penyebab mundurnya truk kontainer tersebut, Founder sekaligus senior instructor Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan kemungkinan terbesar diakibatkan kesalahan perpindahan gigi atau miss gear yang dilakukan pengemudi truk.
Bila dilihat dari laju mundurnya itu kencang sekali dan itu kemungkinan besar transmisinya dalam posisi netral atau miss gear. Kalau dia giginya masuk, enggak mungkin dia mundur kencang begitu, karena kan ada engine brake pasti nyangkut dan mesin mati," jelas Jusri kepada kumparan, Rabu (5/8).
Lebih lanjut, kata Jusri, seringkali pengemudi-pengemudi truk kontainer belum memahami bahwa ada beberapa jenis dan merek truk yang memang perpindahan giginya harus sesuai dengan putaran mesin yang direkomendasikan.
ADVERTISEMENT
"Jadi misal untuk turun gigi dari 3 ke 2 di truk jenis ini harus perpindahannya dilakukan dalam rentan putaran mesin katakanlah 1.500 sampai 1.700 rpm. Nah kalau dia tidak sesuai, pasti dia enggak bakal mau masuk giginya akibatnya ya jadi netral," tambah Jusri.
Belajar dari Truk Kontainer Mundur di Tanjakan yang Viral  (130863)
Truk Kontainer di Sulawesi Selatan mundur lalu gilas kendaran alinnya. Foto: Dok. Istimewa
Karena itu, Jusri pun mengingatkan agar para pengemudi mobil kecil yang berada di belakang truk kontainer untuk selalu waspada dan memperhatikan beberapa hal.
Nah, bagi Anda yang belum tahu hal-hal apa saja yang harus dilakukan pengemudi mobil kecil saat berada di belakang truk kontainer, berikut kumparan sajikan informasi lengkapnya.

Jaga jarak di belakang truk kontainer

Belajar dari Truk Kontainer Mundur di Tanjakan yang Viral  (130864)
Truk yang kelebihan muatan atau over dimension over load (Odol) melintas di jalan tol. Foto: Dok. Joko Setiowarno
Hal pertama yang harus selalu diperhatikan para pengemudi mobil kecil saat berada di belakang truk kontainer, yakni jaga jarak aman.
ADVERTISEMENT
Berbeda saat di jalan datar, di jalan menanjak Jusri menyarankan agar pengemudi mobil kecil memberikan jarak aman hingga 2 kali lipat.
"Jaraknya itu kalau posisi berhenti di jalan datar sekitar 6 hingga 8 detik atau 25 meter. Tapi itu terlalu dekat kalau di tanjakan, jadi kalau ditanjakkan sebaiknya dikalikan 2, jadi ya sekitar 50 meter," beber Jusri.

Persiapkan ruang antisipatif

Belajar dari Truk Kontainer Mundur di Tanjakan yang Viral  (130865)
Truk yang kelebihan muatan atau over dimension over load (Odol) melintas di jalan tol. Foto: Dok. Joko Setiowarno
Selain harus memberi jarak aman hingga 2 kali lipat, Jusri juga mengimbau agar para pengemudi mobil kecil yang berada di belakang truk kontainer saat di jalan menanjak, selalu memikirkan ruang untuk antisipasi.
"Saat terjadi macet di tanjakan, bukan berarti kita bisa bebas bermain handphone, tapi justru kita harus waspada dan memikirkan langkah-langkah antisipasi apabila kendaraan di depan kita bermasalah atau mundur. Kita harus tahu nanti kita menghindar ke mana, kiri atau kanan," ungkap Jusri.
ADVERTISEMENT
Dengan memperhatikan 2 hal tersebut, diharapkan bisa meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan yang diakibatkan truk mundur karena rem blong.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)