kumparan
27 Agustus 2019 12:05

Beli Suzuki Jimny Sekarang, Indennya 2 Tahun

Suzuki Jimny di GIIAS 2019
Suzuki Jimny di GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Pamor Suzuki Jimny nampaknya benar-benar sukses menarik minat para pecintanya di Indonesia. Kehadiran generasi terbaru Jimny ini, bahkan membuat antrian indennya membludak.
ADVERTISEMENT
Menurut Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra, membeberkan bahwa lamanya antrian inden terhadap SUV ikonik asal Suzuki tersebut sudah mencapai 2 tahun.
"Mayoritas di beberapa diler antrean indennya sih 1 tahun, bahkan ada juga di beberapa daerah yang sudah sampai 2 tahun," ujar Donny saat ditemui di sela-sela acara media test drive Suzuki Ertiga, Selasa (27/8) pagi.
Suzuki Jimny Tough Concept
Suzuki Jimny Tough Concept Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Donny menambahkan, di beberapa kota besar seperti DKI Jakarta, antrian tunggu inden Jimny di diler ada yang mencapai 150 orang.
"Di kota besar seperti DKI Jakarta, peminat Suzuki Jimny ini cukup 'ugal-ugalan'. Malah ada diler yang sudah tidak terima inden, karena antriannya sudah mencapai 150 orang," beber Donny.
Lamanya antrian inden tersebut, menurut Donny tidak lain disebabkan karena keterbatasan kuota yang didapatkan oleh PT SIS. Untuk pasar Indonesia, pihak Suzuki pusat hanya menjatahkan 50 unit Jimny setiap bulannya.
Suzuki Jimny di GIIAS 2019
Suzuki Jimny di GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Adapun dari jatah 50 unit tersebut, selanjutnya akan dibagikan ke 53 diler yang tersebar di seluruh Indonesia. Itu artinya, setiap diler hanya akan mendapatkan 1 unit saja.
ADVERTISEMENT
"Karena jatahnya terbatas, makanya setiap diler cuma dapat jatah 1. Malah ada diler yang tidak selalu dapat, dan itu akan kami rolling setiap bulannya," jelas Donny.
Guna mengatasi tingginya permintaan terhadap Jimny, PT SIS pun mengaku sedang berjuang mengajukan permintaan terhadap Suzuki pusat untuk memproduksi Jimny di tanah air. Saat ini, PT SIS harus bersaing ketat dengan pihak Suzuki India dalam mengajukan basis produksi Jimny tersebut.
Suzuki Jimny di GIIAS 2019
Suzuki Jimny di GIIAS 2019 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Suzuki Jimny resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia pada ajang GIIAS 2019 lalu. Jimny meluncur dalam 4 varian dengan 2 pilihan kombinasi warna. Untuk pilihan Single Tone dengan transmisi manual dijual dengan harga Rp 315,5 juta, sedangkan yang transmisi otomatiknya dijual Rp 328 juta.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya ada pilihan warna Two Tone, untuk yang transmisi manualnya dibanderol Rp 317,5 juta, dan transmisi otomatiknya dipatok dengan harga Rp 330 juta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan