Otomotif
·
15 Maret 2021 8:14

Berita Populer: Mobil-mobil yang Pamit di 2021; Jagoan Mobil Low MPV Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Berita Populer: Mobil-mobil yang Pamit di 2021; Jagoan Mobil Low MPV Indonesia (591254)
Isuzu Panther Kotak Foto: Wikimedia Commons
Artikel yang mengulas soal deretan mobil yang disuntik mati di tahun 2021, menjadi berita populer nomor satu Minggu (14/3).
ADVERTISEMENT
Setidaknya ada 4 mobil yang disuntik mati, ada Mitsubishi Outlander Sport, Isuzu Panther, dan Nissan Terra, dan Honda Jazz.
Dan ada juga berita soal low MPV terlaris yang terjual di Februari 2021. Nah yang menariknya, nama Nissan Livina masih tak ada di daftar wholesales Gaikindo. Dan ada juga berburu mobil klasik di lelang online.
Berikut rangkuman berita populer kumparanOTO.

Daftar 4 Mobil yang Disuntik Mati Awal 2021

Berita Populer: Mobil-mobil yang Pamit di 2021; Jagoan Mobil Low MPV Indonesia (591255)
Tampilan samping ketiga Nissan Terra Foto: Muhammad Ikbal
Indonesia kedatangan beragam mobil baru pada awal 2021 ini. Namun faktanya juga harus disertai kepergian berbagai mobil lama, mereka terpaksa disuntik mati dan otomatis tak dijual lagi oleh pabrikan.
Sepanjang Januari hingga pertengahan Maret 2021, tercatat 4 model yang disudahi eksistensinya di Indonesia. Alasannya bermacam, ada yang penjualannya terus menurun, dikorbankan lantaran ada model baru, sampai terbentur regulasi emisi gas buang.
ADVERTISEMENT
Klik tautan berikut ini untuk ulasan lengkapnya.

Ini Jagoan Mobil Low MPV di Bulan Februari 2021, Nissan Livina Masih Kosong

Berita Populer: Mobil-mobil yang Pamit di 2021; Jagoan Mobil Low MPV Indonesia (591256)
Peluncuran all new Nissan Serena dan all new Nissan Livina. Foto: Ghulam M. Nayazri/kumparanOTO
Penjualan mobil segmen low MPV di Februari 2021 mencapai 5.012 unit. Terkoreksi 44,67 persen dibanding bulan sebelumnya Januari (9.058 unit).
Berdasarkan data wholesales Gaikindo, kontribusinya terhadap total pasar nasional (49.202 unit) juga melempem, atau cuma 10,19 persen.
Salah satu penyebabnya karena pengumuman diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) oleh pemerintah. Mengingat Low MPV merupakan salah satu segmen mendapat insentif.

Berburu Mobil Klasik, Ada Lelangnya Secara Online Setiap Akhir Pekan

Berita Populer: Mobil-mobil yang Pamit di 2021; Jagoan Mobil Low MPV Indonesia (591257)
Mercy Eagle di Malique Selatan Djakarta Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Mobil klasik tahun produksi 1980an hingga 1990an ternyata masih banyak peminatnya. Apalagi kondisinya istimewa, dengan tingkat orisinalitas hampir 100 persen dan kilometer rendah.
ADVERTISEMENT
Tidak jarang, banderol harganya bisa mencapai ratusan juta bahkan sampai menyentuh di atas Rp 1 miliar. Umumnya, mayoritas mereka yang berburu itu, ingin memuaskan hasrat hobinya atau sekadar bernostalgia.
Ini kemudian dimanfaatkan Bima Maliki, pemilik diler mobil bekas klasik di Bursa Otomotif Blok M Mall, Malique Selatan Djakarta. Pria yang hobi mobil klasik sejak muda, kini rutin mengadakan lelang mobil klasik setiap akhir pekan.