Otomotif
·
10 Januari 2021 7:13

Berita Populer: Nasib Mobil Buatan Indonesia di Filipina; Bedah Honda HR-V E SE

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Berita Populer: Nasib Mobil Buatan Indonesia di Filipina; Bedah Honda HR-V E SE (30094)
Deretan mobil baru siap ekspor terparkir di PT Indonesia Kendaraan Terminal atau IPC Car Terminal, Cilincing, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Aturan baru terkait pengenaan pajak terhadap mobil impor di Filipina, menjadi berita populer di kumparanOTO pada Minggu (9/1/2021).
ADVERTISEMENT
Ini mengancam mobil buatan Indonesia yang dipasarkan di sana. Harganya bisa melambung tinggi, sehingga tak lagi kompetitif.
Berita populer selanjutnya yaitu terkait komentar produsen sepeda motor listrik NIU, terkait baterai kendaraan listrik yang dibuat di Indonesia.
Berita populer kumparanOTO

Ada Aturan Baru, Mobil Buatan Indonesia di Filipina Bisa Tak Kompetitif

Berita Populer: Nasib Mobil Buatan Indonesia di Filipina; Bedah Honda HR-V E SE (30095)
Pengunjung melintasi deretan mobil baru siap ekspor terparkir di PT Indonesia Kendaraan Terminal atau IPC Car Terminal, Cilincing, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Pemerintah Filipina melalui Menteri Perdagangan dan Perindustriannya, Ramon Lopez, resmi memberlakukan pajak mobil impor mulai 5 Januari 2021 hingga 200 hari ke depan.
Ini merupakan respons dari pemerintah Filipina terhadap upaya melindungi pekerja di pabrik perakitan dan manufaktur dalam negeri, yang terpukul akibat pandemi COVID-19.
Mengutip dari Inquirer, pajak mobil yang diberlakukan itu, yakni berupa uang jaminan senilai 70.000 peso atau setara Rp 20 jutaan untuk mobil penumpang, dan 110 ribu peso atau setara Rp 31,8 jutaan untuk mobil niaga.
ADVERTISEMENT
Klik tautan di bawah ini untuk informasi lengkapnya.

Indonesia Produksi Baterai Kendaraan Listrik, NIU: Kami Lihat Dulu Kualitasnya

Berita Populer: Nasib Mobil Buatan Indonesia di Filipina; Bedah Honda HR-V E SE (30096)
Diler baru NIU di Grand Indonesia. Foto: NIU Indonesia
Indonesia akan memiliki pabrik baterai untuk kendaraan listrik. Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut pembangunan pabrik akan dilakukan pada semester I 2021.
Menyoal hal tersebut, pemain baru di industri motor listrik Indonesia, NIU tak menutup kemungkinan bakal menggunakan baterai hasil produksi lokal tersebut.
Hanya saja menurut Irvan Yuniardi, Sales and After Sales Manager PT Moove Motor Asia sebagai authorized dealer NIU di Indonesia, mereka perlu melakukan riset lebih lanjut apakah cocok untuk motor listrik NIU.
Klik tautan di bawah ini untuk informasi lengkapnya.

Bedah Honda HR-V E Special Edition, Varian yang Paling Banyak Dibeli

Berita Populer: Nasib Mobil Buatan Indonesia di Filipina; Bedah Honda HR-V E SE (30097)
Honda HR-V 1.5L E CVT Foto: dok. HPM
Honda HR-V masuk ke dalam 10 besar mobil terlaris sepanjang Januari hingga November 2020. HR-V berada di posisi 9 dengan penjualan sebanyak 11.511 unit.
ADVERTISEMENT
Dari total penjualan HR-V, varian 1.5L E CVT Special Edition ternyata menjadi tipe yang paling laris. Kontribusinya lebih dari 70 persen. Honda HR-V tipe tersebut dipasarkan berbanderol Rp 355,5 juta.
Kemudian yang menjadi pertanyaan, mengapa HR-V varian E CVT Special Edition paling diburu banyak orang? Apa daya tariknya? Mari kita bedah spesifikasi maupun fiturnya berikut ini.
Klik tautan di bawah ini untuk informasi lengkapnya.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.