Otomotif
·
20 Juli 2021 8:18
·
waktu baca 2 menit

Berita Populer: Wuling Almaz Asapi CR-V, Mitsubishi Tetap Produksi Mobil Hybrid

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Berita Populer: Wuling Almaz Asapi CR-V, Mitsubishi Tetap Produksi Mobil Hybrid (49997)
searchPerbesar
Lampu belakang Wuling Almaz RS. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Artikel yang membahas persaingan penjualan antara SUV monokok Wuling Almaz dengan Honda CR-V menjadi berita populer kumparanOTO pada Senin 19 Juli 2021.
ADVERTISEMENT
Keduanya mendapatkan pembaruan pada awal tahun, lalu siapa yang paling banyak penjualannya sepanjang paruh pertama 2021 ini?
Selain itu foto berita pembuatan bus listrik di Amerika Serikat juga tak kalah populer. Disusul respons Mitsubishi atas revisi Peraturan Pemerintah tentang kenaikan tarif pajak mobil hybrid.

Rangkuman berita populer kumparanOTO

Disuntik Model Baru, Wuling Almaz Sukses Asapi Honda CR-V Pada Semester 1 2021

Rivalitas antara Wuling Almaz dengan Honda CR-V di segmen medium SUV monokok kini semakin memanas. Hingga semester 1 2021, Wuling Almaz berhasil mengasapi Honda CR-V dalam hal penjualan wholesales.
Berita Populer: Wuling Almaz Asapi CR-V, Mitsubishi Tetap Produksi Mobil Hybrid (49998)
searchPerbesar
Wuling Almaz RS di IIMS Hybrid 2021. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Mengacu data penjualan wholesales Gaikindo, SUV asal negeri Tirai Bambu, China itu berhasil mencatatkan angka distribusi 4.415 unit. Angka itu terpaut jauh bila dibandingkan Honda CR-V yang hanya terdistribusi sebanyak 3.047.
ADVERTISEMENT
Hadirnya Wuling Almaz RS yang meluncur pada Maret 2021, nampaknya cukup berhasil meningkatkan wholesales mobil tersebut. Bila dibandingkan dengan periode sama pada 2020, angka distribusi Almaz itu meningkat pesat hingga 2.512 persen dari torehan 169 unit.

Foto: Mengintip Pembuatan Bus Listrik di Amerika Serikat

Seorang pekerja sedang mempersiapkan bus listrik untuk siap dikirim di BYD Electric Bus Factory, Lancaster, California, Amerika Serikat.
Berita Populer: Wuling Almaz Asapi CR-V, Mitsubishi Tetap Produksi Mobil Hybrid (49999)
searchPerbesar
Industri bus listrik di AS. Foto: REUTERS/Mike Blake
Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan mengubah 500 ribu bus sekolah dan bus umum yang kebanyakan menggunakan solar menjadi listrik.
Biden mengalokasikan US$45 miliar atau Rp652 Triliun untuk bus listrik, sebagai bagian dari rancangan undang-undang infrastruktur.
Menurutnya Amerika harus menjadi pemasok bus dan kendaraan listrik paling signifikan di dunia. Joe Biden mengakui saat ini AS masih berada jauh di belakang China soal bus listrik.
ADVERTISEMENT

Jokowi Gelar Karpet Merah untuk Mobil Listrik, Mitsubishi Tetap Produksi Hybrid

Presiden Joko Widodo makin memprioritaskan mobil listrik, lewat peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2021, merevisi PP 73/2019 skema PPnBM untuk kendaraan bermotor.
Berita Populer: Wuling Almaz Asapi CR-V, Mitsubishi Tetap Produksi Mobil Hybrid (50000)
searchPerbesar
Mitsubishi Outlander PHEV Foto: dok. MMKSI
Ada sejumlah pasal yang diperbarui. Seperti pasal 26 dan 27 yang intinya mengubah besaran tarif pajak mobil hybrid semakin tinggi, berdasarkan tingkat emisi CO2 dan konsumsi bahan bakarnya.
Kemudian pada pasal 36, berisikan mobil plug-in hybrid yang tak lagi diistimewakan seperti mobil listrik. Sehingga cuma mobil listrik murni (BEV) dan fuel cell electric vehicle (FCEV) yang dapat PPnBM 0.