Otomotif
·
31 Juli 2020 8:11

Bikin Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Punya Tampilan Mirip Land Cruiser Prado

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bikin Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Punya Tampilan Mirip Land Cruiser Prado (64232)
Toyota Rush Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Ulasan modifikasi mobil khas kumparan kali ini berkutat pada Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander. Keduanya yang memiliki tampang agresif, ternyata bisa diubah jadi makin sangar lagi.
ADVERTISEMENT
Modifikasinya terbilang simpel dan sederhana, hanya mengganti grille bawaan pabrikan dengan produk aftermarket yang umum disebut sebagai grille apollo. Bentuknya berupa sejumlah bilah horizontal yang menyerupai taring.
Bikin Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Punya Tampilan Mirip Land Cruiser Prado (64233)
Grille Apollo untuk Fortuner Foto: dok. Istimewa
Justinus Wirawan, penggawa bengkel aksesori dan aftermarket Tirta Jaya Variasi yang menjual produk tersebut mengatakan, inspirasinya datang dari satu model keluaran Toyota yang punya wajah gahar.
Bikin Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Punya Tampilan Mirip Land Cruiser Prado (64234)
Toyota Land Cruiser Prado Foto: dok. Wikimedia
"Jadi selain apollo sebutannya grille black panther kayak taringnya ya kan. Awalnya ini terilhami dari Toyota Land Cruiser Prado, jadi makin terlihat gagah keren," buka Justin sapaan akrabnya saat dihubungi kumparan, Rabu (29/7).
Bikin Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Punya Tampilan Mirip Land Cruiser Prado (64235)
Mitsubishi Xpander dengan grille apollo. Foto: dok. Istimewa
Soal variasi warna ada banyak macamnya. Mulai dari berkelir krom, merah, sampai hitam doff, tergantung dari pilihan pemilik mobil yang mau pakai grille tersebut.
ADVERTISEMENT
Saat ini ungkapnya, komponen grille Apollo baru tersedia pada tiga model mobil, mencakup Mitsubishi Xpander, Toyota Rush atau Daihatsu Terios, dan Toyota Fortuner. Sementara Xpander Cross belum bisa karena desain grille dengan Xpander reguler sudah beda. "Karena mungkin suplier-nya melihat ketiga mobil itu yang ramai peminatnya saat ini," kelakar Justin.
Bikin Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Punya Tampilan Mirip Land Cruiser Prado (64236)
Daihatsu Terios dengan grille apollo. Foto: dok. Istimewa
Bicara materialnya terbuat dari plastik ABS yang diklaim kuat, kokoh, dan presisi ketika dipasangkan. Selain itu, bahan ini juga mampu memancarkan kilap warna, sehingga membuat wajah mobil jadi lebih bersinar.
Oke lanjut ke pemasangan sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Sebab part aftermarket ini sudah didesain menyesuaikan bentuk mobilnya. Jadi tinggal copot grille bawaan, kemudian pasang grille apollo.
Bikin Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Punya Tampilan Mirip Land Cruiser Prado (64237)
Daihatsu Terios dengan grille apollo. Foto: dok. Istimewa
"Paling lama satu jam lah pengerjaannya, kan sudah plug and play. Ada yang modelnya ditambahkan perekat atau juga dipasangkan baut supaya lebih kuat, tiap mobil beda-beda sih," lengkap Justin.
ADVERTISEMENT

Harga modifikasi grille Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander

Nah penasaran dengan harganya? Grille apollo yang ditawarkan Justin beragam banderolnya, menyesuaikan bentuk dan peruntukkan mobilnya. Artinya semakin kecil ya makin murah harganya, begitupun sebaliknya.
Bikin Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Punya Tampilan Mirip Land Cruiser Prado (64238)
Mitsubishi Xpander dengan grille apollo. Foto: dok. Istimewa
"Untuk Xpander karena paling kecil Rp, 1,5 juta, Rush dan Terios itu sama Rp 1,6 juta, sama Fortuner paling besar Rp 1,8 juta. Semua sudah termasuk ongkos pasang," tuntas Justin.
Bagaimana? Tertarik ingin memasangnya juga pada mobil kesayangan? Selengkapnya bisa sambangi Tirta Jaya Variasi, yang beralamat di Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor 125, Kota Bandung, Jawa Barat, atau bisa hubungi di nomor 0812 2402 988.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona