Otomotif
·
2 Desember 2020 15:45

Bocoran Mobil Listrik BMW yang Meluncur ke Indonesia di 2021

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bocoran Mobil Listrik BMW yang Meluncur ke Indonesia di 2021  (9764)
searchPerbesar
Saat pengisian baterai BMW i3S Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
BMW Group Indonesia pernah memastikan bahwa mereka akan meluncurkan mobil listrik baru di gelaran Formula E pada 6 Juni 2020 di Jakarta. Namun, balapan itu harus ditiadakan karena pertimbangan pandemi corona.
ADVERTISEMENT
Pasalnya BMW sendiri adalah mitra dari Formula E, bisa dibilang mereka ingin mencari momentum tepat peluncuran mobil ramah lingkungan terbarunya.
Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’Tania mengatakan,dengan dibatalkannya gelaran Formula E mereka sedang mencari alternatif waktu yang tepat.
"Jadi makanya kami menunggu, kalau memang akan dilakukan kami masih tetap punya pelurunya untuk bisa launch di sana. Tapi akhirnya kami postpone ke tahun depan untuk kendaraan listrik terbaru dari BMW," ungkap Jodie di Jakarta, (1/12).
Bocoran Mobil Listrik BMW yang Meluncur ke Indonesia di 2021  (9765)
searchPerbesar
Mobil listrik BMW i8 Foto: Helmi Afandi/kumparan
Sebenarnya, kata Jodie, saat Jakarta diberlakukan rem darurat karena corona pihaknya sempat menjadwalkan mobil listrik terbaru BMW akan dirilis.
"Kami sudah merencanakan berapa kali, ya. Sudah benar-benar mau rilis, akhirnya kami tunda lagi. Setelah sudah ditunda beberapa kali, akhirnya kami putuskan tahun depan (peluncurannya)," pungkasnya.
Bocoran Mobil Listrik BMW yang Meluncur ke Indonesia di 2021  (9766)
searchPerbesar
Mobil listrik BMW i8 Foto: Helmi Afandi/kumparan
Jodie melanjutkan, khusus untuk pasar Indonesia, BMW akan berfokus pada PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). Namun saat ditanya lebih lanjut model apa yang akan diluncurkan dia enggan berkomentar banyak.
ADVERTISEMENT
"Karena kan full listrik itu sudah punya i3s sampai sekarang. Jadi kalau konsumen mau beli tetap ada modelnya. Dan untuk PHEV kita akan hadirkan modelnya tahun depan," pungkasnya.

BMW Seri 3 atau Seri 5 PHEV?

Bocoran Mobil Listrik BMW yang Meluncur ke Indonesia di 2021  (9767)
searchPerbesar
Tampilan depanBMW 3 Series. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Meski belum mengungkap model mobil listrik apa yang akan diluncurkan. Kemungkinan besar produk yang dimaksud adalah BMW 3 Series atau 5 Series PHEV.
Kedua mobil ini sudah lebih dulu mendebut untuk pasar global. Seperti contohnya BMW 330e PHEV dan BMW 530e PHEV.

Kenalkan PHEV dari 2016

Bocoran Mobil Listrik BMW yang Meluncur ke Indonesia di 2021  (9768)
searchPerbesar
Mobil listrik BMW i8 Foto: Helmi Afandi/kumparan
BMW sudah eksis dengan mobil listrik di Indonesia sejak 2016. Model pertama mereka adalah i8 Coupe yang berteknologi PHEV.
Selang 2 tahun, mereka meluncurkan i8 Roadster dan disusul mobil listrik murni pada 2019 lewat i3s.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan pernyataan Jodie sebelumnya soal mobil listrik baru di 2021, bisa dibilang BMW lebih percaya diri mengawali era mobil listrik Tanah Air dari teknologi PHEV.