Otomotif
·
18 September 2019 7:51

Bocoran Motor Baru Honda yang Rilis 23 September 2019

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bocoran Motor Baru Honda yang Rilis 23 September 2019 (44922)
Honda CRF 1000 l Africa Twin Foto: dok. Autondtv
Honda dalam waktu dekat bakal menetaskan motor barunya. Sebagai penetrasi, pabrikan berlambang sayap mengepak ini bahkan sudah membocorkan siluet tampangnya lewat potongan video penggoda.
ADVERTISEMENT
Dari laporan Motorcycle, pada 23 September mendatang Honda akan merilis Africa Twin facelift. Moge petualang yang juga dikenal sebagai CRF1000L ini nantinya akan mendapat penyegaran di sektor tampilan dan dapur pacu.
Video
Berdasarkan sumber, tampang Honda Africa Twin akan berubah jadi lebih sangar. Meninggalkan kesan 'google look' pada versi lawas karena ornamen hitam pada lampu utamanya.
Ini berkat penyematan daytime running light (DRL) pada cluster lampu utamanya. Tak cuma itu, di bawahnya ada dua lampu kecil LED yang nantinya berfungsi sebagai fog lamp. Memang masih prediksi, atau bisa saja jadi versi tertinggi Africa Twin yang sudah berlampu kabut ini.
Bocoran Motor Baru Honda yang Rilis 23 September 2019 (44923)
Bocoran motor baru Honda Foto: dok. Motorcycle
Apalagi pada potongan video akhir, terpampang dua logo Africa Twin, satu dengan latar peta, dan lainnya hanya tulisan saja. Hal ini mengindikasikan bila Africa Twin kemungkinan besar masih tersedia dalam dua varian: Adventure Sport dan standard.
ADVERTISEMENT
Lanjut ke sektor jantung mekanis, Honda bakal menyematkan mesin baru berkubikasi 1.084 cc, meninggalkan mesin lawasnya yang punya kapasitas 999 cc. Hanya saja tetap mengaplikasikan konfigurasi yang sama, yakni silinder kembar, berpendingin cairan, dan 8 katup.
Bocoran Motor Baru Honda yang Rilis 23 September 2019 (44924)
Bocoran motor baru Honda Foto: dok. Motorcycle
Dari bocoran, mesin barunya itu bisa memuntahkan tenaga hingga 101 dk di putaran 7.500 rpm. Jauh lebih bertenaga dibanding versi sebelumnya yang menjanjikan tenaga 92 dk pada putaran mesin yang sama.
Soal transmisi, nampaknya juga seperti versi lawas, ada pilihan manual atau DCT (Dual Clucth Transmission).
Ubahan mesin ini sekaligus guna memenuhi standard Euro 5 yang mulai berlaku pada motor-motor global keluaran terbaru. Maka dari itu, sepintas tidak ada perbedaan signifikan pada layout mesinnya, ini berarti ada rombakan kecil pada knalpotnya supaya kualitas gas buangnya bisa lebih baik.
Bocoran Motor Baru Honda yang Rilis 23 September 2019 (44925)
Honda CRF 1000 l Africa Twin Foto: dok. Overdrive
Sayangnya tidak ada detail bocoran lain yang diketahui. Namun bisa diketahui kalau ubahannya tidak begitu banyak. Tengok saja bagian velg, handguard, rangka, sampai engine guard yang nampaknya belum mendapat revisi.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia sendiri Africa Twin dijual Astra Honda Motor (AHM) melalui jaringan Big Wing. Bila melirik laman resminya, banderolnya mulai dari Rp 485 sampai 520 juta untuk versi standard, dan Rp 585 juta untuk versi tri color (paduan warna putih, biru, dan merah).