Bukan Xenia, Gran Max Pikap Jadi Model Daihatsu Paling Laris di Indonesia Timur

22 Januari 2024 13:50 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tampilan baru Daihatsu Gran Max 2022 yang diluncurkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Foto: dok. PT Astra Daihatsu Motor
zoom-in-whitePerbesar
Tampilan baru Daihatsu Gran Max 2022 yang diluncurkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Foto: dok. PT Astra Daihatsu Motor
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mobil niaga Daihatsu Gran Max pikap ternyata lebih populer di wilayah Indonesia bagian timur dibandingkan dengan tipe mobil penumpang. Demikian diungkapkan Area Manager PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Indonesia Bagian Timur (IBT), Tulus Pambudi.
ADVERTISEMENT
"Secara kontribusi paling laku itu adalah pikap, penjualan kita rata-rata per bulan itu ada di angka 2.100-an yang mana 50 persennya adalah pikap," buka Tulus ditemui di Halmahera, Maluku Utara.
Wilayah IBT sendiri mencakup Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, hingga Papua. Menurut Tulus, pasar kendaraan pada area tersebut secara nasional mampu menyumbang penjualan per bulan hingga 6.500-7.000 unit.
"Untuk market share kita sudah sebesar 27 persen dari total per bulan tadi yang 6.500-7.000 unit. Pikap kita juga di sini kuasai 67 persen dari pangsa pasar kendaraan niaga, kompetitor kita hanya satu (Suzuki Carry)," imbuhnya.
Interior Daihatsu Gran Max pikap terbaru. Foto: Sena Pratama/kumparan
Tulus menambahkan, kebanyakan pembeli di wilayah IBT masih membutuhkan pikap untuk keperluan bisnis di bidang pertanian. Kemudian dilanjutkan dengan bidang peternakan seperti hasil laut ikan dan kebutuhan jenis usaha lainnya.
ADVERTISEMENT
"Jadi kira-kira penjualan pikap kita itu bisa 1.000-1.900-an unit dari total market tadi. Untuk varian kebanyakan juga memilih yang versi mesin bensin 1.5 selain daripada kita punya pilihan yang 1.3," terangnya.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, selama 2023 lalu Daihatsu berhasil mendistribusi Gran Max pikap dari pabrik ke diler (wholesales) sebanyak 43.197 unit.
Menyoal segmen mobil penumpang, model Sigra diakuinya sangat mendominasi. Okupasi penjualannya mampu berkontribusi sebesar 34 persen, sementara sisa model lainnya bahkan tidak sampai 10 persen.
Daihatsu Sigra terbaru meluncur dengan ubahan pada bagian eksterior dan interior (7/7/2022). Foto: Sena Pratama/kumparan
"Kemudian yang berikutnya adalah Ayla dengan capaian 9 persen, dan Terios 9 persenan, selebihnya model yang lain," jelas Tulus.
Harga dan kapasitas tempat duduk disebutnya menjadi kunci, Sigra masuk ke dalam program Low Cost Green Car atau LCGC yang menawarkan harga lebih terjangkau di segmen MPV. Selain itu, ia jadi satu-satunya model dengan konfigurasi 7-penumpang termurah di lini produk Daihatsu.
ADVERTISEMENT
"Passenger cars masih di bawah, untuk kita yang masih perlu effort itu ada di Xenia dan Terios karena kalau untuk LCGC kita sudah cukup baik di 24 persenan," tukas Tulus.
Segmen LCGC Daihatsu menyumbang penjualan wholesales sepanjang 2023 sebanyak 85.510 unit secara nasional. Rinciannya dari dua model yakni Sigra dengan total 60.346 unit dan Ayla jumlahnya 25.164 unit.
***