kumparan
search-gray
Otomotif27 Juli 2020 19:41

Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu

Konten Redaksi kumparan
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624796)
Tampilan samping all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
All new Yamaha NMax jadi produk andalan baru Yamaha Indonesia buat berkompetisi di segmen skutik 150 cc. Hadir dengan beberapa penyegaran, motor ini diklaim lebih canggih dan bertenaga.
ADVERTISEMENT
Ubahan yang paling terlihat antara all new Yamaha NMax dan generasi sebelumnya ada pada desain dan tampilan. Ya, generasi terbaru ini hadir dengan desain dinamis, agresif, namun tak menghilangkan sisi elegannya.
Lalu, bagaimana dengan unsur kebaruan lain yang hadir pada motor ini? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Desain all new Yamaha NMax

Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624797)
Desain lampu depan all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kesan elegan pada all new Yamaha NMax tetap dipertahankan. Nah, namun jika dilihat dari depan, bentuk headlamp-nya tak lagi sama.
Dimensinya rumah lampu tampil lebih kompak, namun tak mengurangi intensitas cahaya yang dipancarkan.
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624798)
Tampilanlampu sein all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sementara untuk penanda sein dibuat mengalir dengan sayap samping dan tampil lebih minimalis. Desain windshield juga berubah, warnanya tetap hitam tapi lebih cembung untuk mendukung aerodinamika.
ADVERTISEMENT
Dari samping, desainnya juga berubah menjadi lebih sporty. Terlihat ada beberapa lengkungan tegas hingga ke buritan belakang. Nah, bodi samping yang baru ini juga untuk menunjang desain lampu belakang yang baru,
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624799)
Tampilan lampu belakang all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Jujur saja, bagian belakang all Yamaha NMax ini yang paling saya sukai. Stoplamp-nya hadir futuristik dengan teknologi LED meski lampu sein masih mengandalkan bohlam biasa.
Spakbor belakang juga diubah menjadi lebih runcing dengan penyematan mata kucing pada bagian bawah dan samping atas spakbor.

Posisi berkendara

Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624800)
Mencoba all new Yamaha NMax 2020. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sejak pertama kali hadir, Yamaha NMax menawarkan kenyamanan berkendara bagi pengemudinya. Nah, di model terbaru ini kenyamanan itu sama sekali tidak dihilangkan, justru semakin ditingkatkan.
Pijakan kaki utama dibuat lebih lebar, namun untuk pijakan kaki bagian atas rasanya dibuat lebih pendek.
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624801)
Tampilan pijakan kaki depan all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Dengan tinggi 172 cm dan berat badan 70 kilogram. Kaki saya tak bisa menapak dengan sempurna. Musababnya bodi pada motor ini lebih lebar, selain itu dimensi keseluruhan pada motor all new Yamaha Nmax juga berubah.
ADVERTISEMENT
Sebagai informasi, dimensi pada all new Yamaha Nmax punya panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.160 mm. Nah untuk generasi sebelumnya adalah 1.955 x 740 x 1.115 mm.
Ground clearance (jarak terendah ke tanah) juga berubah menjadi 124 mm dari awalnya 135 mm. Namun untuk tinggi jok masih tetap di 765 mm. Meski begitu saya tak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan ubahan rancang pada motor ini.
Nah, untuk posisi setang, karakter melebar masih ada pada Yamaha NMax. Hasilnya, posisi tangan tetap rileks meski motor dikendarai hingga 1,5 jam.

Performa

Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624802)
Mencoba all new Yamaha NMax 2020. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Untuk bagian ini, saya jawab secara lengkap. Setidaknya all new Yamaha NMax sudah saya coba selama sepekan.
Dari klaim Yamaha Indonesia, ubahan juga terjadi pada dapur pacu. Komponen piston kini menggunakan milik Yamaha R15 dengan permukaan yang lebih rata. Kemudian ada ubahan pada klep intake, dan katup bahan bakar udara diperbesar menjadi 20,5 mm.
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624803)
Piston baru menggunakan kepunyaan Yamaha YZF-R15 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Penggunaan komponen baru tadi membuat kompresi meningkat menjadi 11,6:1 dari sebelumnya 10,5:1. Racikan tadi juga berdampak pada tenaga NMax yang kini melonjak menjadi 15,1 dk di 8 ribu rpm dari sebelumnya 14,8 dk.
ADVERTISEMENT
Dari data teknis, sayangnya torsi dari generasi terbaru NMax ini mengalami penurunan sebesar 0,5 nm dari 14,4 nm pada 6 ribu menjadi 13,9 Nm di 6,5 ribu rpm.
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624804)
Layout mesin all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Putaran mesin bawah rasanya sedikit keteteran, namun ketika putaran mesin tengah dan atas tenaganya keluar cepat. Diajak stop and go dan meliuk-liuk di tengah kemacetan motor ini masih bisa diandalkan.
Selain jeroan mesin yang diubah, all new Yamaha NMax juga dibekali dengan teknologi Smart Motor Generator (SMG), yang membuat suara dari mesin kini lebih senyap dan efek start engine seperti yang ada pada generasi lama sudah tidak ada.
Secara performa, all new Yamaha NMax boleh dibilang mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Fitur

Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624805)
Tampilan saklar pada setang sebelah kanan. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Soal fitur, rasanya Yamaha mulai unjuk kebolehan. Di setang kanan kini punya fitur Start Stop System yang jika diaktifkan, maka mesin motor akan mati otomatis saat langsam (idle) dalam waktu 5 detik. Di saklar bagian ini pula disematkan tuas untuk mengaktifkan lampu hazard
ADVERTISEMENT
Fitur tersebut juga berguna untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. Nah, ketika mesin mati cukup puntir gas sedikit dan mesin akan menyala kembali.
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624806)
Menghubungkan fitur Y-Connecet dengan all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Karena yang saya coba adalah varian teratas yakni ABS/Connected. Kemampuan komunikasi antara motor dan pengendara menjadi nilai jualnya. Dibekali komponen CCU (Communication Control Unit) saya bisa menghubungkan gawai dengan panel instrumen Yamaha NMax melalui Bluetooth dengan aplikasi Y-Connect.
Di situ, kita bisa melihat beberapa informasi penting dari kendaraan. Mulai dari notifikasi telepon, e-mail, perawatan berkala, malfungsi, hingga rata-rata pemakaian BBM per bulan dan per tahun.
Jika ada panggilan masuk, simbol telepon akan berkedip pada panel instrumen. Nah, di situ juga tertera status baterai gawai yang Anda miliki.
Tak cuma itu, all new Yamaha NMax kini juga dibekali dengan soket pengisian gawai yang berada pada sisi kiri dasbor. Sayangnya bentuk soket tadi masih berupa lighter bukan USB.
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624807)
Tampilan kunci keyless all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Pada varian ini juga sudah disematkan kunci kontak keyless. Anda tak perlu lagi menggunakan anak kunci untuk menghidupkan motor, membuka tangki, dan membuka bagasi.
ADVERTISEMENT
Di dalam komponen Smart Key tadi sudah dibenamkan fitur immobilizer dan answer back system. Rasanya pemilik NMax tak perlu khawatir motor hilang dicuri dan lebih memudahkan pengendara ketika mencari motor di parkiran.
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624808)
Tampilan panel instrumen speedometer all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Fitur informasi seperti odometer, trip A, trip B, rata-rata BBM, trip v-belt, dan yang lainnya bisa Anda atur di saklar setang kiri yang sekarang dioperasikan lewat tuas pada bagian atas.
Fitur keamanan juga dipikirkan serius oleh pabrikan. Di varian ini sudah dipasangi sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Traction Control System (TCS). Saat dicoba, keduanya bekerja baik menunjang mobilitas pengendara.

Handling dan suspensi

Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624809)
Mencoba all new Yamaha NMax 2020. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Penyematan fitur dan beberapa komponen baru yang tadi sudah disebutkan membuat bobot dari motor ini membengkak 5 kilogram. Di generasi terbaru NMax dia punya bobot 132 kilogram, sementara versi lama adalah 127 kilogram.
ADVERTISEMENT
Meski punya beda berat 5 kilogram, handling dari motor ini masih mengasyikkan. Utamanya ketika dipakai selap-selip di kemacetan. Motor rasanya mudah di-handle, gejala goyang pun tak terasa pada motor ini.
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624810)
Suspensi belakang all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Namun, untuk suspensi, meski sudah menggunakan model baru dengan settingan pre-load di bagian belakang nyatanya suspensi masih keras. Saya coba pindahkan ke setelan paling empuk, namun motor terasa kurang nyaman, ya gejala membuang dan 'mental-mentul' jadi konsekuensi.
Buat menyiasatinya bisa ubah setelah di posisi tengah. Setidaknya di setelan tersebut, suspensi motor terasa lebih nyaman untuk digunakan. Namun, untuk pengendara dengan berat badan 75 kilogram ke atas, rasanya motor ini menyajikan karakter suspensi yang baik.

Kesimpulan

Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624811)
Mencoba all new Yamaha NMax 2020. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Berakhir di kesimpulan, varian teratas NMax dilepas dengan banderol Rp 37,75 juta. Artinya ada selisih lebih mahal Rp 1,485 juta dengan varian yang sama generasi sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Jika boleh menyimpulkan, kenaikan harga tadi rasanya pantas dengan beberapa fitur dan rombakan pada motor ini.
Apalagi, sensasi berkendara yang nyaman juga ditingkatkan lewat dek footstep yang lebih melebar serta suspensi yang lebih baik dibanding model sebelumnya.
Menyoal tampilan, saya berikan jempol untuk desain terbaru ini. Ubahannya terjadi di semua bagian dan tetap mempertahankan sisi elegan dipadu dengan desain sporty.
Fitur keamanan seperti ABS dan TCS juga membuat saya semakin percaya diri untuk mengendarai skutik bongsor milik garpu tala ini.

Foto:

Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624812)
Mencoba all new Yamaha NMax 2020. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624813)
Tampilan belakang all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624814)
Tampilan samping all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624815)
Tampilan saklar pada setang sebelah kiri. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624816)
Tampilan speedometer all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624817)
Tangki BBM all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624818)
Dashboard sisi kanan all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624819)
Bagasi all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624820)
Tampilan belakang all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624821)
Desain velg all new Yamaha NMax. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Catatan Kami Setelah Mencoba All New Yamaha NMax Selama Seminggu  (624822)
Mencoba all new Yamaha NMax 2020. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)