Otomotif11 September 2020 16:35

Daihatsu Rocky Dipastikan Meluncur ke Indonesia, Kapan?

Konten Redaksi kumparan
Daihatsu Rocky Dipastikan Meluncur ke Indonesia, Kapan? (59239)
Daihatsu Rocky yang siap mengaspal di Indonesia. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan
Daihatsu Indonesia mengonfirmasi akan menjual SUV terbarunya, Rocky. Namun detail waktu peluncurannya masih ditutup rapat pabrikan.
ADVERTISEMENT
"Gambarannya yang sudah launching di Jepang, di Indonesia tunggu deh pada waktunya akan kami informasikan," jelas Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra dalam sesi konferensi pers virtual, Jumat (11/9).
Daihatsu Rocky Dipastikan Meluncur ke Indonesia, Kapan? (59240)
Daihatsu Rocky Foto: dok. Daihatsu
Daihatsu Rocky sejatinya sudah melakoni debutnya Oktober tahun lalu, dan sudah dipasarkan di Jepang akhir 2019. Pemesanannya pun langsung membludak. Tujuh bulan sejak dipasarkan, Daihatsu sudah menjual 23.103 unit.
Namun selebihnya Amel enggan menjawab lebih lanjut soal update, kondisi pasar, maupun risetnya untuk mobil baru tersebut. Intinya publik diminta bersabar dan yang jelas peluncurannya bukan tahun ini.
Daihatsu Rocky Dipastikan Meluncur ke Indonesia, Kapan? (59241)
Daihatsu Rocky yang siap mengaspal di Indonesia. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan
Pada kesempatan itu, ADM juga membuka sesi diskusi mengenai platform baru yang disebut Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Struktur rangka anyar ini akan menjadi basis kendaraan Daihatsu baru ke depannya.
ADVERTISEMENT
Pengembangan produknya dikhususkan pada model kei car, maupun mobil segmen A dan B. Termasuk Daihatsu Rocky, Taft dan Tanto terbaru, mobil pertama yang menggunakan platform tersebut.
"Dengan DNGA selain performa optimal, kendaraan lebih solid dan stabil, kemudian memungkinkan beberapa teknologi canggih bisa diterapkan di semua model (DNGA)," ujar Marketing Product Planning Div. Head PT ADM, Anjar Rosjadi.
Daihatsu Rocky Dipastikan Meluncur ke Indonesia, Kapan? (59242)
Ilustrasi produksi di pabrik Daihatsu Jepang. Foto: Nikkei
Anjar melanjutkan, penggunaan platform tersebut membuat mobil lebih memiliki kelapangan kabin. Meski secara dimensi, DNGA diperuntukkan mobil berukuran kecil.
"Seperti Tanto kabinnya luas dan tanpa pilar B sehingga aksesnya udah, kalau Rocky dengan mesin 1.000 cc turbo tapi setara tenaga mesin 1.500 cc namun konsumsi BBM lebih efisien, sementara Taft daya tampungnya juga luas makanya cocok untuk berbagai aktivitas," imbuhnya.
Daihatsu Rocky Dipastikan Meluncur ke Indonesia, Kapan? (59243)
Daihatsu Rocky yang siap mengaspal di Indonesia. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan

Kapan Daihatsu Indonesia memproduksi mobil dengan DNGA?

Hanya saja paparan Anjar tidak menyebut kapan ADM akan mulai memproduksi mobil dengan platform DNGA. Padahal informasi tersebut dapat memperkuat kapan pabrikan mulai memproduksi Rocky.
ADVERTISEMENT
Kendati begitu, Anjar hanya menyatakan dari 3 model Daihatsu yang sudah di-DNGA-kan itu, hanya Rocky yang bakal diterapkan di Indonesia.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white