Otomotif
·
11 Oktober 2020 14:33

Daihatsu Turunkan Kapasitas Produksi, Bikin 1 Mobil Dalam Waktu 3 Menit

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Daihatsu Turunkan Kapasitas Produksi, Bikin 1 Mobil Dalam Waktu 3 Menit (31334)
Pabrik Daihatsu di Indonesia Foto: dok. Daihatsu Indonesia
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memutuskan mengurangi kapasitas produksi mobil di pabriknya selama PSBB Ketat jilid 2 di DKI Jakarta.
ADVERTISEMENT
Strateginya dengan memperlambat takt time atau waktu produksi unit kendaraan, dari yang sebelumnya 1,5 menit per unit menjadi 3,1 menit per unit.
Cara ini diambil lantaran menurunnya permintaan unit mobil baru, akibat perekonomian yang lesu karena pandemi COVID-19.
Selain itu, ini juga sebagai respons pemberlakuan protokol kesehatan, terutama dalam hal jaga jarak antar karyawan. Lewat perlambatan takt time itu, maka jarak antar karyawan pun dapat dilonggarkan hingga 1,5 meter.
Daihatsu tetap optimis dan bersyukur walaupun terjadi penurunan, masih dapat tetap melakukan aktivitas produksi dengan menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan demi meminimalisir penyebaran COVID-19 di seluruh area kerja," jelas Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM, Amelia Tjandra, seperti dalam rilis yang kumparan terima.
Daihatsu Turunkan Kapasitas Produksi, Bikin 1 Mobil Dalam Waktu 3 Menit (31335)
Ilustasi pekerja di pabrik Daihatsu Indonesia. Foto: dok. Istimewa
Adanya penurunan kapasitas produksi tersebut, dipastikan oleh Daihatsu tidak akan berpengaruh besar terhadap ketersediaan stok unit mobil-mobil baru Daihatsu di diler. Sebab untuk saat ini, stok unit yang ada di diler, dinilai masih dapat memenuhi permintaan.
Fasilitas produksi milik ADM sendiri tidak hanya memproduksi kendaraan untuk kebutuhan dalam negeri saja, namun juga pasar ekspor. Di pasar ekspor, ADM mengapalkan beberapa unit kendaraannya yang hadir dalam wujud brand Daihatsu, Toyota, dan terbaru Mazda Bongo berbasis Daihatsu Gran Max ke 75 negara tujuan.
Daihatsu Turunkan Kapasitas Produksi, Bikin 1 Mobil Dalam Waktu 3 Menit (31336)
Mazda Bongo yang dijual di Jepang, berbasis Daihatsu Gran Max produksi Sunter. Foto: car.watch.impress.co.jp
Adapun, saat ini ADM memiliki 2 lokasi fasilitas produksinya yang terletak di Sunter, Jakarta Utara, dan Karawang, Jawa Barat. Dari 2 lokasi fasilitas produksi itu, pada Agustus 2020 lalu tercatat di data Gaikindo, Daihatsu berhasil memproduksi 6.632 unit mobil baru.
ADVERTISEMENT
Angka itu naik hingga 327 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya 1.553 unit. Sementara bila dibandingkan periode sama di 2019 lalu yang mencatatkan angka produksi hingga 15.246 unit, angka itu terkoreksi hingga 56 persen.
Daihatsu Turunkan Kapasitas Produksi, Bikin 1 Mobil Dalam Waktu 3 Menit (31337)
Ilustasi pekerja di pabrik Daihatsu Indonesia. Foto: dok. Istimewa
Lalu untuk angka ekspornya, pada Agustus 2020 lalu Daihatsu jadi yang terbanyak mengapalkan unit mobilnya dengan angka 4.496 unit. Angka itu turun 20,7 persen bila dibandingkan Juli 2020 yang terekspor 5.673 unit dan anjlok hingga 66,7 persen bila dibandingkan dengan Agustus 2019.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)