Otomotif
·
12 Februari 2019 20:11

Daihatsu Xenia Baru Laris Manis di Sumatera, Indennya 3 Bulan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Daihatsu Xenia Baru Laris Manis di Sumatera, Indennya 3 Bulan (40205)
Daihatsu Xenia saat dites di jalanan Sibolga, Sumatera Utara. Foto: Ghulam Muhammad Nayazti / kumparanOTO
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) agaknya mulai menuai respons positif dari peluncuran Xenia baru. Khusus di wilayah Sumatera, mereka sudah mengoleksi 365 angka pemesanan sejak peluncurannya pada 15 Januari 2019.
ADVERTISEMENT
Tingginya permintaan sayangnya tak diimbagi distribusi dari pabrik ADM di Jakarta. Regional Manager Sumatera Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Budhy Lau menjelaskan, kondisi ini membuat konsumen harus menunggu hingga 3 bulan untuk mendapatkan unit. Meskipun kondisi ini hanya berlaku untuk tipe dan warna tertentu saja-- pearl white.
Daihatsu Xenia Baru Laris Manis di Sumatera, Indennya 3 Bulan (40206)
Daihatsu Xenia saat dites di jalanan Sibolga, Sumatera Utara. Foto: Ghulam Muhammad Nayazti / kumparanOTO
Menyoal terhambatnya distribusi unit ke area Sumatera, Budhy menilai itu merupakan hal yang normal --akibat dari penyesuaian produksi.
“Namanya juga produk baru, produksinya juga baru, ya ada beberapa penyesuaian. Apalagi permintaan kan naik sekali, sehingga supply tidak bisa langsung dipenuhi. Hal ini akhirnya berpengaruh juga pada taking SPK atau order yang masuk,” paparnya.
Dialihkan ke Terios
Sementara itu, guna mengantisipasi konsumen yang enggan menunggu lama, Daihatsu pun menyarankan konsumen untuk membeli model lain seperti Terios.
ADVERTISEMENT
“Ada konsumen yang tahan menunggu unitnya sampai datang dan sebagian yang karena kebutuhan mereka, akhirnya pilih yang lain. Kalau ke kompetitor sudah pasti ada, tapi kan karena Xenia produk baru, biasanya lari ke yang baru juga (menunggu Xenia),” kata Budhy.
Daihatsu Xenia Baru Laris Manis di Sumatera, Indennya 3 Bulan (40207)
Launching Daihatsu All New Terios Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Adapun, Daihatsu Xenia baru kali ini mendapat pilihan mesin yang sama dengan Terios dan dipasarkan melalui tipe New Xenia R Deluxe 1.5.
Di samping itu, Xenia baru juga masih meniagakan mesin 1,3 liter yang dijual lewat tipe X M/T, X A/T, R M/T, serta R A/T, yang masing-masingnya memiliki varian STD dan DLX.
Soal harga, Daihatsu Xenia baru ini dijual mulai dari Rp 183.350.000 hingga Rp 228.950.000.