Otomotif
·
30 April 2021 13:51

Demi Produksi Rocky dan Raize di Indonesia, Daihatsu Investasi Rp 1,7 T!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Demi Produksi Rocky dan Raize di Indonesia, Daihatsu Investasi Rp 1,7 T! (60307)
Daihatsu Rocky ADS (kiri) dan Daihatsu Rocku ASA (kanan). Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Daihatsu Rocky yang sudah resmi dipasarkan di Indonesia. Compact SUV ini, juga diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor, yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Direktur Pemasaran PT ADM menyebut, mereka menggelontorkan dana sampai Rp 1,7 triliun untuk bisa merealisasikan lokalisasi tersebut.
"Sudah dikeluarkan investasi Rp 1,7 T untuk tooling, bukan untuk line produksi, line produksi tidak ada penambahan, tapi tooling kami persiapkan," ucapnya Jumat (30/4).
Tapi perlu diingat, tak hanya Rocky yang diproduksi di pabrik ADM, tapi juga Toyota Raize. Pasalnya ini merupakan produk kolaborasi dua pabrikan.

Line produksi canggih

Terkait dengan line produksi pabrik Daihatsu, tak ada penambahan dengan kehadiran Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Mereka menyebutnya sebagai flexible production line.
"Line produksi di Daihatsu sangat canggih. Ini bisa di kombinasi modelnya, bisa kombinasi varian, model apa pun semua dalam satu line," kata Amelia.
ADVERTISEMENT
Sehingga, ungkap Amel, penambahan satu model baru seperti Daihatsu Rocky, bisa langsung diproduksi di jalur ini tanpa korbankan line lain.
"Kami akan produksi massal per April 2021 dan akan diserahkan ke domestik per hari ini," ucapnya.
Demi Produksi Rocky dan Raize di Indonesia, Daihatsu Investasi Rp 1,7 T! (60308)
Tampilan depan Daihatsu Rocky. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Ekspor ke 50 negara mulai Agustus 2021

Bukan cuma memenuhi pasar domestik, Daihatsu Rocky juga ekspor. Jumlahnya bahkan disebut sampai 50 negara tujuan.
"Sudah diinfo bahwa produk ini akan diekspor ke 50 negara dalam brand Toyota. Rencananya ekspor pada Agustus 2021. Tidak bisa langsung ekspor, karena perlu persiapan di negara tujuan," ungkapnya.