kumparan
9 November 2018 14:53

Di Balik Strategi Harga Wuling Formo Blind Van dan Minibus

Wuling Formo Blind Van
Wuling Formo Blind Van (Foto: Alfons Yoshio/kumparan)
Wuling Formo meluncur sebagai produk perdana pabrikan lima berlian untuk meramaikan segmen light commercial vehicle (LCV). Banderol yang murah jadi salah satu senjata mobil ini.
ADVERTISEMENT
Hadir dalam dua model, blind van dan minibus, Wuling Formo dijual mulai dari Rp 135,8 juta. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, Wuling Formo ini diklaim lebih murah jika dibandingkan kompetitor seperti Daihatsu Gran max dan Toyota Transmover.
Harga Wuling Formo: Wuling Formo 1.2 Minibus (7-seater): Rp 136,8 juta Wuling Formo 1.2 Minibus (8-seater): Rp 135,8 juta Wuling Formo Blind van : Rp 135,8 juta
Namun, ada kejanggalan dari rincian harga per varian Wuling Formo. Sebab varian blind van yang tidak ada bangku di baris kedua dan ketiga ditawarkan dengan banderol yang sama dengan model minibus yang total punya delapan bangku. Yang lebih anehnya lagi model minibus dengan kapasitas lebih sedikit harganya lebih mahal Rp 1 juta.
Wuling Formo
Wuling Formo (Foto: Alfons Yoshio/kumparan)
Ini bukan kesalahan teknis ataupun hal yang tidak sengaja. Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani menerangkan kalau hal ini dikarenakan ada penggunaan material yang sedikit berbeda antara model produk tersebut.
ADVERTISEMENT
"Kami enggak bisa menjabarkan secara detail yang pasti ada perbedaan material yang tidak terlihat secara visual," terang dia menjawab pertanyaan kumparanOTO.
Lebih lanjut dia menerangkan hal ini juga merupakan salah satu strategi penempatan harga yang mereka lakukan berdasarkan target pasar.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan