Otomotif
·
10 Juni 2020 16:57

Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia (3280)
Deretan mobil-mobil berusia panjang. Foto: dok. Istimewa
Pabrikan otomotif biasanya meregenerasi produk mobilnya minimal pada usia ke 5 tahun, dengan beberapa penyegaran kecil-sedang atau facelift pada 2-3 tahun sekali.
ADVERTISEMENT
Ini bila mengacu pada siklus pembaruan produk (lifecycle), yang dikemukakan Pemerhati Desain Otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Martinus Pasaribu.
Memang, keputusan untuk melakukan ubahan besar atau tidak, mempertimbangkan kondisi pasar di satu negara atau wilayah. Bila masih laku dan banyak peminatnya buat apa dilakukan, sehingga tak perlu lagi keluar modal baru.
Dan kenyataannya, memang ada beberapa negara yang di dalamnya ada mobil yang sejak pertama kali meluncur, tetap mempertahankan gaya desain, platform dan mesin yang sama, hingga puluhan tahun. Simak berikut ini.

1. Peugeot 405 - Iran (30 Tahun)

Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia (3281)
Peugeot 405. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Sedan asal Prancis ini nampaknya menjadi salah satu mobil yang sangat diminati di Iran. Bagaimana tidak, sejak diperkenalkan pertama kali di Iran pada 30 tahun lalu, Peugeot 405 tetap diproduksi dan dipasarkan di negara tersebut.
ADVERTISEMENT
Padahal, jika melihat di pasar global, jenama asal Prancis itu sebenarnya sudah meluncurkan penerus 405 hingga generasi terakhirnya 408.
Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia (3282)
Peugeot 405 Khodro. Foto: dok. Istimewa
Secara tampilan, Peugeot 405 di Iran ini masih mempertahankan gaya desain seperti pendahulunya dengan berapa ubahan minor di bagian lampu, grille dan bumper. Begitupun dengan platform dan mesinnya, yang masih mempertahankan mesin lawas berkode XU7JP berkapasitas 1.8 liter.
Terus bertahannya Peugeot 405 di Iran sejak 1990 itu, tidak terlepas dari peran perusahaan Iran Khodro Corporation (IKCO), yang merupakan perusahaan manufaktur di negara beribukota Teheran itu.
Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia (3283)
Peugeot 405 Khodro. Foto: dok. Intellinews
Di sana, mobil ini juga memiliki nama lain, yakni Peugeot Pars atau Peugeot Persia. Selain di Iran, mobil ini diketahui sempat diekspor juga ke beberapa negara di timur tengah, dan Afrika.
ADVERTISEMENT

2. Peugeot 504 - China dan Nigeria (39 Tahun)

Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia (3284)
Peugeot 504. Foto: dok. wikimedia
Tunggu dulu, ternyata masih ada Peugeot 504 yang jauh lebih tua lagi, bahkan hingga usia 39 tahun di pasar China dan Nigeria.
Melansir dari Irishtimes, Peugeot 504 mulai diproduksi sejak 1968, dan bertahan hingga 2007.
Ubahan-ubahan penyegaran tetap dilakukan guna membuat tampilan mobil tersebut menjadi sedikit lebih muda. Tapi desain, platform dan mesin, masih dipertahankan.
Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia (3285)
Peugeot 504. Foto: dok. wikimedia
Peugeot 504 dibekali mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1.8 liter, menjanjikan tenaga 97 dk dikawinkan dengan sistem transmisi manual 4 percepatan.

3. Lada Niva - Rusia (43 Tahun)

Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia (3286)
Lada Niva. Foto: dok. Wikimedia
Siapa yang kenal dengan merek ini? Ini adalah merek mobil asal Rusia, dan tak dijual di tanah air.
ADVERTISEMENT
Menariknya, dari berbagai produk yang dimiliki oleh Lada, terdapat salah satu produknya yang punya usia sangat panjang, bahkan hingga 43 tahun yakni Lada Niva.
Sudah sejak 1977, Lada terus memproduksi dan memasarkan Niva hingga saat ini. Sama seperti 2 mobil sebelumnya, Lada juga hanya melakukan beberapa penyegaran saja pada sektor lampu, bumper, grille, velg, dan interior.
Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia (3287)
Lada Niva. Foto: dok. Wikimedia
Sementara platform, desain dan mesinnya, hampir tidak pernah berubah sejak dahulu. Pada bagian mesinnya, Lada Niva mengusung mesin bensin 1.7 liter dan 1.8 liter.

4. Proton Saga Gen 1 - Malaysia (23 Tahun)

Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia (3288)
Proton Saga Generasi 1. Foto: dok. Wikimedia
Jenama asal Malaysia, Proton, juga punya produk yang berusia cukup panjang, yakni Saga generasi pertama. Tercatat sedan asal negeri jiran itu telah eksis selama 23 tahun, sejak 1985 hingga 2008.
ADVERTISEMENT
Selama kurun waktu tersebut, Proton hanya melakukan ubahan-ubahan minor pada sektor eksterior dan interior saja. Sementara bahasa desain, platform, dan mesinnya, tak mengalami perubahan.
Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia (3289)
Proton Saga Generasi 1. Foto: dok. wikimedia
Pada bagian dapur pacunya, Proton Saga generasi 1 mengusung mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1.3 liter dan bertenaga 83 dk. Setelah 23 tahun tidak melakukan regenerasi, barulah di tahun 2008, Proton akhirnya meluncurkan Saga generasi kedua.

5. Toyota FJ40 (Bandeirante) - Brazil (33 Tahun)

Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia (3290)
Toyota FJ40 Hardtop CBU Australia Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Toyota FJ40 juga punya usia yang cukup panjang. Sudah sejak 1968, FJ40 tetap diproduksi dan dipasarkan di Brazil hingga 2001. Tingginya minat masyarakat Brazil terhadap mobil tersebut, membuatnya mampu bertahan eksis selama 33 tahun.
Mobil yang memiliki nama lain, Bandeirante, di Brazil itu, menggunakan mesin milik Mercedes-Benz. Beberapa jenis mesin pun pernah silih berganti mengisi kap mesin dari Bandeirante.
Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia (3291)
Toyota FJ40 Bandeirante. Foto: dok. Istimewa
Dari beberapa mesin yang pernah digunakkan, mesin diesel berkapasitas 3.7 liter menjadi mesin yang berusia cukup panjang, Mesin itu menawarkan tenaga 98 dk dan torsi 240 Nm.
ADVERTISEMENT
Meski sempat berganti-ganti jenis mesin, Toyota Bandeirante tetap menggunakan platform dan desain mesin yang sama seperti pendahulunya.

6. Toyota Land Cruiser 70 Series - Seluruh Dunia (36 Tahun)

Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia (3292)
Toyota Land Cruiser 70 Series. Foto: dok. Wikimedia
Jika 5 mobil sebelumnya masih diproduksi hanya untuk beberapa negara khusus saja, berbeda dengan mobil satu ini. Toyota Land Cruiser J70 tercatat telah diproduksi sejak 1984 hingga saat ini.
Itu artinya, SUV bertubuh gagah ini telah eksis selama 36 tahun dan terus dipasarkan di seluruh dunia. Sepanjang hidupnya selama 36 tahun itu, Land Cruiser J70 hanya mendapatkan beberapa sentuhan ubahan pada bagian eksterior, interior, dan penambahan aksesori saja.
Sementara gaya desain, dan platformnya tetaplah sama. Pada bagian mesinnya, Toyota sempat melakukan peningkatan dan melakukan ubahan guna mengikuti perkembangan zaman.
Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia (3293)
Toyota Land Cruiser 70 Series. Foto: dok. Istimewa
Menyoal mesinnya, saat ini Land Cruiser J70 dibekali 2 pilihan mesin, bensin 1GR-FE V6 4.0 liter dan diesel 1VD-FTV V8 4.5 liter.
ADVERTISEMENT
Pada mesin bensinnya, menjanjikan tenaga 240 dk dan torsi 377 Nm. Sedangkan pada mesin dieselnya, memiliki spesifikasi tenaga 202 dk dan torsi 430 Nm.

7. Mitsubishi L300 - Indonesia ( 40 Tahun)

Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia (3294)
Mitsubishi Colt L300 Foto: dok. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia
Mobil ini mungkin menjadi yang paling familiar bagi masyarakat Indonesia. Mobil yang memiliki bentuk pikap ini, diketahui telah eksis sejak 1980 hingga saat ini.
Meski di beberapa negara lain L300 sudah melakukan regenerasi desain, platform, dan mesin. Di Indonesia mobil ini tetap mengandalkan desain, platform, dan mesin lamanya.
Bahkan, mobil yang telah berusia 40 tahun ini, masih menjadi salah satu andalan di segmen pikap ringan. Pada bagian mesinnya, Mitsubisi L300 menggunakan mesin diesel berkapasitas 2.5 liter. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 79 dk dan torsi 191 Nm.
ADVERTISEMENT

8. Suzuki Carry - Indonesia (28 Tahun)

Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia (3295)
Suzuki Carry Futura Foto: dok. Wikimedia
Selain Mitsubishi L300, ada mobil lainnya yang juga punya usia eksistensi cukup panjang di Indonesia, yakni Suzuki Carry. Mobil yang tersedia dalam 2 bentuk ini, MPV dan pikap, pertama hadir di Indonesia pada 1991.
Setelah 28 tahun tak melakukan regenerasi, barulah di tahun 2019 lalu, Suzuki meluncurkan generasi terbaru dari Carry. Sepanjang hidupnya, Suzuki Carry masih mempertahankan gaya desain dan platform lamanya.
Di Negara-negara Ini, Mobil Tak Regenerasi hingga Puluhan Tahun, Ada Indonesia (3296)
Tampilan depan Suzuki Carry Futura. Foto: dok. Taufik Feb
Ubahan hanya dilakukan pada penyegaran di sektor eksterior, interior, dan mesin yang harus mengikuti standar Euro 2 saat itu. Pada sektor mesinnya, mobil ini dibekali mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1.5 liter, yang menjanjikan tenaga 85 dk.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
ADVERTISEMENT
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.