Otomotif
·
23 September 2018 17:07

Fitur Autopilot Tesla Model X Bisa Dijajal di Jakarta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Fitur Autopilot Tesla Model X Bisa Dijajal di Jakarta (131555)
Tesla Model X (Foto: dok. Carbuzz)
Tesla Model X adalah salah satu model mobil listrik asal Amerika Serikat yang sudah dijual di Indonesia. Menariknya, sport utility vehicle (SUV) listrik ini dibekali dengan fitur autopilot.
ADVERTISEMENT
Fitur autopilot itu tentu saja memungkinkan mobil bisa beroperasi secara mandiri tanpa perlu ada interfensi pengendara untuk beberapa kondisi jalan.
Presiden Direktur Prestige Motorcars, Rudy Salim, menjelaskan bahwa fitur autopilot sudah bisa dijajal konsumen yang memiliki Tesla Model X di Indonesia.
“Sudah bisa berfungsi dengan kondisi infrastrukur jalan seperti di Jakarta,” kata Rudy saat berbincang dengan kumparanOTO.
Fitur Autopilot Tesla Model X Bisa Dijajal di Jakarta (131556)
Tesla Model X (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
Namun, ia menggarisbawahi bahwa fitur ini mungkin tidak bisa beroperasi secara sempurna di beberapa kondisi yang memerlukan adanya interfensi dari pengemudi.
“Asalkan ada garis jalan dia bisa berfungsi. Kecuali jalanan komplek yang menggunakan paving block dan tak ada garisnya, dia tidak akan berfungsi baik. Kurang lebih 80 persen lah,” paparnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, mengutip data dari hasil uji tabrak NCAP (National Car Assessment Program), Tesla Model X menjadi SUV paling aman di dunia saat ini. “Dalam tes uji tabrak menunjukkan bahwa mobil ini hanya memiliki 8 persen peluang membuat penumpang dan pengendaranya cedera serius ketika terjadi kecelakaan,” paparnya.
Fitur Autopilot Tesla Model X Bisa Dijajal di Jakarta (131557)
Tesla Model X (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
Tesla Model X merupakan produk andalan Tesla setelah Model S dan sama-sama diproduksi di Fremont, California. Model ini memiliki fitur autopilot yang tak cuma ditunjang secara software, tapi juga didukung hardware berupa sejumlah kamera yang terpasang di body.