Otomotif
·
6 Agustus 2019 13:48

Fitur Unggulan di New Kawasaki Versys 1000

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Fitur Unggulan di New Kawasaki Versys 1000 (5549)
New Kawasaki Versys 1000 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
PT Kawasaki Motor Indonesia baru saja memperkenalkan tiga motor besarnya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019, salah satunya New Versys 1000. Berlabel motor baru, motor petualang ini mengalami ubahan tampilan pada lampu depan, yang kini mengadopsi bahasa desain dari adiknya yakni, Versys 650.
Fitur Unggulan di New Kawasaki Versys 1000 (5550)
New Kawasaki Versys 1000 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Tak hanya itu, motor ini juga dibekali fitur-fitur canggih guna menunjang mobilitas dan kenyamanan pengendaranya. Setidaknya, ada 13 fitur baru yang disematkan pada motor bergenre jelajah ini. Kumparan akan coba mengulas satu per satu fiturnya.
ADVERTISEMENT
1. Mesin
Fitur Unggulan di New Kawasaki Versys 1000 (5551)
New Kawasaki Versys 1000 Foto: Istimewa
Rangkanya menggendong mesin 4 silinder segaris berkapasitas 1.043 cc berpendingin cairan. Dengan diameter silinder 77 mm dan jarak pistonnya 56 mm. Output-nya disinyalir mampu menghasilkan tenaga maksimal 120 daya kuda (dk) pada 9.000 rpm dan torsi maskimalnya 102 Nm pada 7.500 rpm.
Di motor ini juga memakai Finger-follower Valve Actuation yang didesain oleh teknisi Kawasaki untuk World Superbike, valve train teranyar ini adalah teknologi canggih yang juga dipasangkan pada kawasaki ZX-10R.
2. Electronic Throttle Valve
Fitur Unggulan di New Kawasaki Versys 1000 (5552)
New Kawasaki Versys 1000 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Teknologi ini akan memerintahkan ECU (Electronic Control Unit) untuk mengatur besaran jumlah bahan bakar yang dikirim ke ruang mesin. Baik lewat throttle valve maupun fuel injector-nya.
Penempatannya dibuat lebih ideal yang berpengaruh pada mesin yang lebih responsif, halus dan engine output-nya yang lebih optimal.
ADVERTISEMENT
3. High Class Instrumentation
Fitur Unggulan di New Kawasaki Versys 1000 (5553)
New Kawasaki Versys 1000 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Panel instrumennya dibuat lebih futuristik dengan mengonfigurasi sistem digital dan analog. Keterangan speedometer menggunakan panel digital, sedangkan tachometernya menggunakan jarum. Lampu instrumen pun dibuat dengan warna negatif. Secara total, modelnya persis sepeti Ninja H2.
4. Assist and Slipper Clutch
Fitur ini berguna untuk back-torque limiting dan membuat tuas kopling yang menjadi lebih ringan. Tujuannya adalah untuk menghindari maka gejala torsi berlebihan (back-torque) saat pengendara melakukan down shift (menurunkan gigi) secara cepat.
Nah, dari fitur ini, gejala ban belakang mengami skid (terkunci) atau hilang traksi diminimalisir. Teknologi ini pertama kali dikembangkan pada arena balap. Namun sejumlah pabrikan otomotif pun sudah menyematkannya pada motor produksi, termasuk Kawasaki.
ADVERTISEMENT
5. Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System (KIBS)
KIBS adalah teknologi pengereman standar motor supersport yang diproduksi oleh Kawasaki. Teknologi ini sebelumnya digunakan pada Ninja ZX-10R dan Ninja H2. Fungsinya adalah untuk membuat pengereman lebih efisien, sistem kerjanya dipadukan dengan ABS dan ECU pada motor.
Selain memonitor fungsi kerja roda depan dan belakang, KIBS juga akan mengawasi kaliper rem depan, posisi throttle, kecepatan mesin, kopling, dan posisi gear. Nah, dari informasi yang dianalisis oleh KIBS, akan menentukan tekanan rem hidrolik yang ideal pada motor, gejala ban kehilangan traksi pun tidak akan terjadi.
6. Kawasaki Traction Control
Versys 1000 sudah disematkan tiga mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi jalanan. Baik saat ketika ingin menggeber motor dalam keadaan jalan yang mulus atau pun bergelombang.
ADVERTISEMENT
7. Electronic Cruise Control
Teknologi ini dibuat untuk menjaga kecepatan dengan hanya menekan tombol. Saat tombol ditekan, secara otomatis putaran gas akan membuka tanpa harus pengendara memutar grip. Selain membuat tangan pengendara tidak pegal, fitur ini akan menjaga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.
8. Kawasaki Cornering Management Function (KCMF)
Salah satu teknologi yang disematkan pada motor ini adalah IMU (Inertial Measurement Unit), sebuah fitur yang akan mendeteksi ketidak sejajaran sumbu pada motor yang menyebabkan roda belakang terangkat. Nantinya fitur ini akan mengatur keseimbangan pada kendaran. Namun, di Versys menyebutnya dengan KCMF yang lebih di percanggih.
KCMF akan memonitor parameter mesin dan sasis saat melewati tikungan dari berbagai sudut. Nantinya, KCMF akan mengatur kekuatan rem dan mesin untuk memudahkan perpindahan gigi untuk akselerasi. Teknologi ini mengadopsi dari motor Ninja ZX-10R.
ADVERTISEMENT
9. Kaliper Radial
Dua cakram depannya berukuran 310 mm dijepit dengan kaliper tiga piston yang diaplikasikan dengan posisi radial (sejajar). Kontruksi ini akan membuat pengereman lebih rigid sehingga lebih kuat saat melakukan pengereman.
10. Kawasaki Quick Shifter
Tak hanya pada motor berjenis supersport saja, di motor adventure, Versys 1000 pun sudah dibekali. Gunanya adalah untuk akselerasi yang lebih baik. Pengendara tidak lagi harus menekan tuas kopling saat menaikan gigi. Selain meningkatkan akselarasi, teknologi ini juga membuat tangan pengendara tidak cepat lelah.
11. Windscreen Adjustbale
Karena ber DNA motor jelajah, New Versys 1000 sudah memakai pelindung angin yang bisa disesuaikan dengan posisi tinggi pengendaranya.
12. Lampu LED
keseluruhan lampunya dari bagian depan, belakang dan sein sudah memakai teknologi LED. Yang diklaim lebih memiliki pencahayaan yang baik ketika melewati kegelapan dan jalanan yang berkabut.
ADVERTISEMENT
13. Pilihan Jok
Di New Kawasaki Versys 1000 terdapat dua jenis jok, jenis standar yakni low seat dan aksesori yakni comfort seat. Pada jenis low seat lebih rendah 20 mm. Ini akan membuat posisi telapak kaki akan menapak dengan sempurna. Sedangkan untuk jenis comfort seat berjenis bantalan akan menunjang sisi kenyamanan pengendaranya.
Menyoal harga, New Kawasaki Versys 1000 dilego Rp 360 juta on the road (OTR) Jakarta dengan menyediakan dua pilihan warna yakni Pearl Stardust/Metallic Spark Black dan Candy Steel/Funrace Orange.