Otomotif
·
2 Juli 2019 18:42

GIIAS 2019: Lebih dari 20 Mobil Baru Meluncur, Termasuk World Premiere

Konten ini diproduksi oleh kumparan
GIIAS 2019: Lebih dari 20 Mobil Baru Meluncur, Termasuk World Premiere (123857)
Press Conference GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) edisi 2019 bakal digelar tanggal 18 sampai 28 Juli nanti. Pameran otomotif tahunan ini akan dimanfaatkan pabrikan buat menjual dan memamerkan inovasi produknya.
ADVERTISEMENT
Yang terbaru, beberapa pabrikan selain membawa produk yang sudah dijual, juga akan menampilkan kendaraan berbasis listrik sesuai tema gelaran, Future in Motion.
GIIAS 2019: Lebih dari 20 Mobil Baru Meluncur, Termasuk World Premiere (123858)
Press Conference GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
"GIIAS akan berlangsung 10 hari yang akan dihadiri cukup banyak orang, target kami bisa sedikit lebih baik dibanding tahun lalu, apalagi tahun politik selesai sehingga ekonomi sudah membaik," papar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi di GIIAS Press Conference GIIAS di Jakarta, Selasa (2/7).
Dari paparan materi, setidaknya sudah ada 41 merek kendaraan yang ikut andil dalam pameran tersebut. Dari angka itu, ada lebih dari 20 peluncuran termasuk world premiere, varian, mobil konsep dan model baru.
GIIAS 2019: Lebih dari 20 Mobil Baru Meluncur, Termasuk World Premiere (123859)
Press Conference GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
"Kami laporkan yang sudah komit ikut pameran ini terdiri dari 20 merek mobil, 10 merek kendaraan komersial termasuk karoseri, 11 merek sepeda motor, dan lebih dari 300 merek pendukung otomotif," ujar Presiden Direktur Seven Event, Romi pada kesempatan yang sama.
ADVERTISEMENT
Adapun merek-merek tersebut meliputi Isuzu, Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Jeep, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, Volkswagen, dan Wuling.
GIIAS 2019: Lebih dari 20 Mobil Baru Meluncur, Termasuk World Premiere (123860)
Press Conference GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Sementara merek roda duanya, Benelli, Astra-Honda Motor, Harley Davidson, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Suzuki, Piaggio, Vespa, dan Viar.
Sedangkan di divisi komersial dan karoseri ada DFSK, FAW, Fuso, Hino, Isuzu, Tata, UD Trucks, Adiputro, Laksana, dan Tentrem.
Dari agen pemegang merek (APM) yang telah disebutkan tadi, setidaknya baru pabrikan roda empat (passenger car) yang sudah menjabarkan produk yang akan ditampilkan. Daftarnya sebagai berikut.
Nissan
PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang diwakili Hanna Maharani sebagai Head of Communication-nya menyatakan akan menampilkan seluruh line-up modelnya, termasuk produk baru.
ADVERTISEMENT
DFSK
GIIAS 2019: Lebih dari 20 Mobil Baru Meluncur, Termasuk World Premiere (123861)
Press Conference DFSK di GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Serupa dengan sebelumnya, DFSK juga akan menampilkan seluruh modelnya yang terdiri dari passenger car berupa DFSK Glory 560 dan 580, juga komersialnya Super Cab.
Honda
Lanjut ke Honda Prospect Motor (HPM) yang diwakili Head of Public Relation-nya, Julian Karfili, mengatakan selain seluruh existing model, pabrikan akan menampilkan satu produk baru.
Isuzu
GIIAS 2019: Lebih dari 20 Mobil Baru Meluncur, Termasuk World Premiere (123862)
Press Conference Isuzu di GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Astra-Isuzu, dalam gelaran ini akan menggabungkan divisi komersial dan passenger car-nya pada gelaran ini. Secara total, pabrikan menampilkan delapan modelnya, meliputi Traga dan Elf NMR series, serta MU-X, D-MAX, dan MU-X dress up.
Jeep
Hascar yang menaungi beberapa pabrikan mobil mewah dan premium akan membawa seluruh model Jeep di GIIAS 2019.
Lexus
Tak kalah menarik, model-model mewah Lexus akan ditemani dengan produk purwarupa, Lexus Future Concept Car.
ADVERTISEMENT
Renault
GIIAS 2019: Lebih dari 20 Mobil Baru Meluncur, Termasuk World Premiere (123863)
Renault Triber Foto: dok. GaadiWaadi
Nah, yang ditunggu-tunggu, Renault Indonesia akan membawa Triber yang terlebih dahulu debut di India. General Manager Marketing & System, Maxindo Renault Indonesia, Arthur Panggabean mengatakan akan membuka selubung Triber yang punya spesifikasi serupa dari India.
Mazda
GIIAS 2019: Lebih dari 20 Mobil Baru Meluncur, Termasuk World Premiere (123864)
All new Mazda 3 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Selanjutnya, dari Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai agen pemegang merek Mazda di Tanah Air akan menampilkan CX-5, CX-9, CX-3, Mazda Sedan2 dan Sedan6, MX-5, serta yang terbaru, all new Mazda3 (sedan dan hatchback).
Mitsubishi
GIIAS 2019: Lebih dari 20 Mobil Baru Meluncur, Termasuk World Premiere (123865)
Press Conference Mitsubishi GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Kemudian Mitsubishi Indonesia, secara total akan menampilkan 16 model existing product, termasuk special display-nya berupa Xpander AP4 Concept.
Dan tak kalah menarik, ada 3 model baru yang nantinya juga akan dipajang, satunya Triton baru, dan keduanya disinyalir sebagai Eclipse Cross dan Outlander PHEV.
ADVERTISEMENT
Wuling Motors
Kemudian Wuling Motors juga akan memamerkan seluruh produknya. Sayangnya melalui paparan Media Relation Supervisor-nya Brian Gomgom, belum terungkap model baru yang akan ditampilkan.
Suzuki
Oke sisa dua pabrikan, ada Suzuki yang menampilkan semua jajaran katalognya. Harold Donnel, Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga mengungkapkan akan meluncurkan secara resmi Suzuki Jimny.
Toyota
GIIAS 2019: Lebih dari 20 Mobil Baru Meluncur, Termasuk World Premiere (123866)
Press Conference Toyota di GIIAS 2019 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Terakhir ada Toyota-Astra Motor (TAM) yang menampilkan semua modelnya yang berjumlah 23 mobil dan dibagi atas lima zona. Selain itu, ada 3 model unit special exhibition (mobil konsep) dan 3 model baru yang salah satunya Supra.