Otomotif
·
8 Mei 2019 10:00

Glanza, Mobil Baru Toyota yang Dibangun Berbasis Suzuki Baleno

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Glanza, Mobil Baru Toyota yang Dibangun Berbasis Suzuki Baleno (123814)
Suzuki Baleno Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Toyota Glanza jadi proyek pertama hasil kolaborasi Suzuki dan Toyota. Mobil ini mengambil basis Suzuki Baleno hatchback yang di-rebadge.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya pada keterangan resmi kedua pabrikan pada Maret lalu menyebutkan, Toyota akan diberikan izin untuk meniagakan Vitara Brezza, Ciaz, Ertiga, dan Baleno dengan emblem tiga oval.
Lebih lanjut timbal baliknya, Suzuki juga akan mendapat suplai RAV4 dan Corolla untuk menggunakan logo S besar.
Oke balik lagi ke Toyota Glanza, kalau melihatnya dari gambar bocoran, tidak ada perbedaan yang signifikan antara versi Suzuki dan Toyota ini. Paling pada desain grille-nya. Pada Glanza, grille yang nampak 'kosong' itu disematkan dua bilah krom horizontal yang membingkai logo Toyota.
Glanza, Mobil Baru Toyota yang Dibangun Berbasis Suzuki Baleno (123815)
Bocoran gambar Toyota Glanza berbasis Suzuki Baleno hatchback Foto: dok. Indianautosblog
Selebihnya untuk desain bumper, lampu utama berproyektor, air dam, lampu kabut beserta bingkainya masih serupa Suzuki Baleno hatchback.
Toyota Glanza tetap diproduksi di pabrik Suzuki di Gujarat. Pun pada tahap finalisasi seperti pemasangan identitas tiga oval mencakup logo maupun emblem di body, setir, serta komponen khas lainnya, akan dirakit di pabrik Toyota di Bangalore.
Glanza, Mobil Baru Toyota yang Dibangun Berbasis Suzuki Baleno (123816)
Bocoran gambar Toyota Glanza berbasis Suzuki Baleno hatchback Foto: dok. Indianautosblog
Menyoal jantung mekanis, juga akan sama seperti Baleno hatchback versi India yang pakai konfigurasi mesin 1.200 cc K12B yang menjanjikan tenaga sampai 81 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm pada 4.200 rpm lewat transmisi manual 5-percepatan atau otomatik CVT.
ADVERTISEMENT
Sementara pilihan mesin 1.000 cc 3-silinder Boosterjet dengan turbo diperkirakan jadi opsional.
Kemudian layaknya penamaan varian mobil-mobil Toyota, Glanza juga akan terbagi dalam beberapa tipe seperti V dan G yang baru saja terkuak, demikian dalam laporan Indianautosblog.
Video
Saat ini Toyota Kirloskar Motor terus melakukan penetrasi pasar dengan menampilkan cuplikan video penggoda Glanza. Adapun bila tidak aral melintang, peluncurannya akan dilakukan pada tanggal 6 Juni 2019 mendatang.