kumparan
23 Juni 2019 13:00

Harga Honda Genio 110cc Terbaru, Bukan Hasil Kongkalikong

Honda Genio
Honda Genio Foto: dok. Ghulam Muhammad Nayazri/kumparan
PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja memperkenalkan motor matik terbaru mereka, Honda Genio. Skutik bermesin 110 cc ini harga jualnya Rp 17 jutaan, di bawah Scoopy dan di atas BeAT.
ADVERTISEMENT
Namun pertanyaannya kemudian, apakah harga tersebut benar-benar hasil penghitungan yang objektif dan bukan hasil kongkalikong pelanggaran undang-undang persaingan usaha?
Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT AHM mengungkapkan, harga yang mereka patok untuk Honda Genio berdasarkan penghitungan objektif bukan kongkalikong, dan sesuai dengan value dan segmen pasarnya.
Honda Genio
Tampak samping Honda Genio Foto: dok. Ghulam Muhammad Nayazri/kumparan
“Kami menetapkan harga ini melihat dari value desain, melihat dari teknologi yang baru, kemudian dari performa dan fitur serta target segmen yang entry level, sehingga pasti ini kita sasar di affordable harganya,” ucapnya
Mengingat pada April kemarin Mahkamah Agung (MA) menolak pengajuan kasasi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan PT Astra Honda Motor, dalam kasus kartel sepeda motor skutik 110-125 cc --perkara No. 217/Pdt.Sus-KPPU/2019.
ADVERTISEMENT
Hasil tersebut memperkuat putusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) --terbit tahun 2017 lalu, Yamaha dan Honda terbukti melakukan praktik pengaturan harga sepeda motor matik 110-125 cc.
Ini tentu merugikan, karena konsumen tak bisa menikmati harga yang kompetitif, harga yang efisien, karena itu biaya yang dikeluarkan oleh konsumen semakin besar, seperti yang diutarakan Rizal Halim Anggota Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Republik Indonesia kepada kumparan beberapa waktu lalu.
Genio dipasarkan dengan dua tipe, CBS dan CBS-ISS dengan total 11 varian warna. Untuk yang CBS dijual Rp 17,2 juta (On The Road Jakarta) punya lima warna, Smart White Blue, Smart Red, Smart Black, Smart Black Red, dan Smart Silver.
Sementara tipe CBS-ISS Rp 17,7 juta dengan enam pilihan warna, yakni Trendy Black Red, Trendy White Blue, Trendy White Red, Trendy White, Trendy Black, dan Fabulous Matte Black sebagai varian spesial.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan