kumparan
search-gray
Otomotif31 Juli 2020 10:26

Honda Belum Berencana Perbarui Mobilio dan BR-V, Mengapa?

Konten Redaksi kumparan
Honda Belum Berencana Perbarui Mobilio dan BR-V, Mengapa? (373930)
New Honda Mobilio minor change 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
PT Honda Prospect Motor (HPM) mengkonfirmasi belum ada rencana untuk melakukan pembaruan terhadap dua produk andalannya, yakni Honda Mobilio dan Honda BR-V.
ADVERTISEMENT
Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy, beralasan pihaknya masih cukup puas dengan penjualan kedua produknya itu, sehingga opsi penyegaran atau pembaruan produk baru belum akan dilakukan dalam waktu dekat.
"Untuk penjualan cukup baik, semester kedua pasti kami akan evaluasi bagaimana penjualan kami," jelas Billy dalam virtual media conference, Rabu (29/7).
Honda Belum Berencana Perbarui Mobilio dan BR-V, Mengapa? (373931)
Honda BR-V E CVT. Foto: Bagas Putra Riyadhana
Sebelumnya pada kesempatan lain, Billy juga sempat mengungkapkan bahwa dalam menghadirkan produk baru, pihaknya tak ingin terburu-buru.
Terkait model dan kapan peluncuran suatu produk baru, kami selalu melihat kondisi pasar terlebih dahulu. Untuk saat ini kami ingin fokus dahulu terhadap pemulihan pasar," beber Billy beberapa waktu lalu.
Sementara itu, berdasarkan data penjualan wholesales Gaikindo, sepanjang semester 1 2020, Honda Mobilio tercatat hanya terdistribusi dari pabrik ke diler sebanyak 4.386 unit.
Angka itu merosot 46,7 persen dibandingkan semester 1 2019 lalu yang mampu menorehkan 8.243 unit. Sedangkan Honda BR-V pada semester 1 2020 ini terdistribusi sebanyak 1.098 unit, turun 32,3 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang sukses mencatatkan 1.622 unit.
Honda Belum Berencana Perbarui Mobilio dan BR-V, Mengapa? (373932)
Honda Mobilio tipe E terbaru. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO

Honda fokus genjot program penjualan

Ketimbang menghadirkan produk penyegaran atau pembaruan, Honda justru lebih memilih memaksimalkan program penjualan terhadap Mobilio dan BR-V.
ADVERTISEMENT
Cara itu, jelas Billy, diharapkan bisa memberi stimulus terhadap pasar yang membutuhkan keringanan pembiayaan dalam membeli mobil baru.
Honda Belum Berencana Perbarui Mobilio dan BR-V, Mengapa? (373933)
Tampilan samping belakang Honda BR-V E CVT. Foto: Bagas Putra Riyadhana
Adapun program penjualan tersebut meliputi gratis Paket Hemat tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk perawatan berkala selama 4 tahun atau 50 ribu kilometer, cashback untuk pembelian melalui 2 platform e-commerce, dan cicilan ringan selama 3 bulan.
"Intinya (tujuannya) untuk meringankan konsumen dalam pembelian Mobilio dan BR-V selama pandemi ini," beber Billy.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white