Otomotif
·
27 September 2019 18:24

Honda Jazz Anyar Tampil di Tokyo Motor Show 2019, Dibawa ke Indonesia?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Honda Jazz Anyar Tampil di Tokyo Motor Show 2019, Dibawa ke Indonesia? (47938)
Foto Rendering Honda Jazz 2020 (Depan) Foto: dok. Carscoops
PT Honda Prospect Motor (HPM) rilis informasi resmi terkait peluncuran Honda Jazz (Fit) baru, yang akan dilakukan pada pameran otomotif Tokyo Motor Show (TMS) 2019.
ADVERTISEMENT
Iya hatchback yang sudah sangat dikenal di Indonesia sejak 2000-an itu, akan tampil perdana bersama dengan model baru Honda lainnya seperti All New Honda Accord yang dijadwalkan mulai dijual di Jepang pada awal 2020.
Selain itu, Honda juga akan memamerkan model listrik Honda e untuk pertama kalinya di Negeri Matahari Terbit tersebut. Namun, khusus untuk model Jazz sendiri, pihak HPM masih malu-malu mengungkapkan apakah akan diboyong juga ke pasar dalam negeri.
Honda Jazz Anyar Tampil di Tokyo Motor Show 2019, Dibawa ke Indonesia? (47939)
Foto Rendering Honda Jazz (Tampak Belakang) Foto: dok. Carscoops
"Di TMS nanti model Jazz untuk market Jepang. Jadi saat ini untuk market Indonesia kami belum bisa memastikan rencananya," ucap Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM Yusak Billy kepada kumparan, Jumat (27/9).
Terkait dengan waktunya, Yusak menyebut ada perbedaan di tiap-tiap negara. Tentunya melihat kebutuhan pasar dan konsumen di wilayah masing-masing.
ADVERTISEMENT
"Jadi tidak ada patokannya harus berapa lama setelah launching di Jepang or negara lain," tuturnya.
Honda Jazz Anyar Tampil di Tokyo Motor Show 2019, Dibawa ke Indonesia? (47940)
Overview Foto: Sabryna Putri Muviola

Bisa dongkrak penjualan

Yusak tak memungkiri, bila nantinya Honda Jazz akan dipasarkan di Indonesia, bukan tak mungkin bakal mengerek penjualannya. Mengingat, saat ini penjualan Jazz terkoreksi sampai dua digit.
"Penjualan retail Jazz di 2018 itu 9.614 unit sedangkan di 2019 itu 8.139 unit. Turun kira2 15 persen, sedangkan market hatchback turun 18 persen," kata Yusak.
Berbicara soal tampilan Honda Jazz generasi terbaru ini, ahli olah foto digital asal Brazil yaitu Kleber Silva, memprediksi bahwa Jazz baru akan memadukan desain dari Brio dan CR-V.
Kabarnya, Honda masih mempertahankan mesin eksisting berkapasitas 1,5 liter 3-silinder, yang ditopang penggunaan turbocharger.
Honda Jazz Anyar Tampil di Tokyo Motor Show 2019, Dibawa ke Indonesia? (47941)
Bocoran Honda Jazz Type R Foto: dok. Honda Sport

Hybrid dan Versi Type R

Rumor yang beredar juga menyebut, Honda Jazz generasi keempat juga akan punya versi hybrid i-MMD (Intelligent Multi-Mode Drive) terbaru. Teknologi hybrid tersebut menggunakan dua motor listrik, dan telah diterapkan pada CR-V terbaru mereka di pasar Eropa.
ADVERTISEMENT
Penerapan teknologi hybrid pada Jazz sendiri, merupakan implementasi rencana jangka panjang Honda yang akan menerapkan elektrifikasi di seluruh produknya pada tahun 2025 mendatang.