kumparan
19 Feb 2019 21:38 WIB

Honda Mau Tutup Pabrik di Inggris, Ribuan Pekerja Terancam PHK

Ilustrasi delivery produk Honda di Inggris. Foto: The Guardian
Honda, pabrikan mobil asal Jepang mengumumkan akan menutup pabrik satu-satunya di Inggris pada tahun 2021 mendatang. Akibatnya, sekitar 3.500 karyawan yang bekerja di pabrik tersebut akan dirumahkan.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman The Guardian, Menteri Inggris, Greg Clark mengatakan bahwa ditutupnya pabrik Honda di Swindon akan berdampak buruk bagi kota tersebut.
“Kabar ini merupakan sebuah pukulan pahit bagi ribuan staf yang bekerja terampil dan berdedikasi di pabrik tersebut. Dan ini juga menjadi kabar yang memukul seluruh anggota keluarga yang bekerja di pabrik tersebut,” ujar Greg.
Selain itu, menurut laman Reuters, Honda sebenarnya sudah melakukan serangkaian upaya agar roda bisnisnya tetap berjalan di Eropa, termasuk ketika terjadinya penurunan permintaan mobil Diesel dan dampak dari Brexit.
Anggota parlemen Inggris dari Partai Konservatif, Justin Tomlinson -- yang mendukung Brexit-- mengaku telah bertemu dengan perwakilan Honda untuk meminta penjelasan terkait penutupan pabrik mereka.
ADVERTISEMENT
“Ini bukan terkait Brexit. ini merupakan cerminan dari pasar global,” ujar Justin.
Sementara itu, Presiden Honda Motor Eropa, Katsushi Inoue, menjelaskan bahwa keputusan menutup pabrik merupakan strategi, untuk menjawab tantangan elektrifikasi di industri otomotif.
“Sangat penting bagi kami mempercepat strategi elektrifikasi dan melakukan restrukturisasi. Hasilnya, kami harus mengambil keputusan yang sulit dan berpengaruh pada seluruh pekerja kami. Tapi ini dilakukan untuk kami dapat mempersiapkan jaringan manufaktur di masa depan,” ujar Katsushi Inoue.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan