Otomotif
·
12 Oktober 2020 11:58

Hyundai Kona Elektrik Direcall, Ada Masalah pada Baterai

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hyundai Kona Elektrik Direcall, Ada Masalah pada Baterai  (736400)
Hyundai Kona Electric. Foto: dok. Electrive
Kementerian transportasi Korea Selatan resmi mengumumkan penarikan kembali untuk perbaikan atau recall terhadap Hyundai Kona elektrik.
ADVERTISEMENT
Melansir dari Reuters, penyebabnya adalah malfungsi sel baterai yang bisa menyebabkan korsleting, dan bisa memicu terjadinya kebakaran.
Penarikan kembali ini adalah tanggapan proaktif terhadap dugaan cacat produksi baterai tegangan tinggi yang digunakan dalam kendaraan, yang mungkin telah berkontribusi pada kebakaran yang dilaporkan," demikian kata perwakilan Hyundai.
Mencuatnya recall ini sendiri, awalnya diakibatkan adanya 13 insiden kebakaran yang menimpa Hyundai Kona Elektrik di seluruh dunia. Bahkan, pada kasus yang terjadi di Montreal, Kanada, sebuah Hyundai Kona secara tiba-tiba meledak begitu saja meskipun tidak sedang dalam proses pengisian daya baterai.
Hyundai Kona Elektrik Direcall, Ada Masalah pada Baterai  (736401)
Hyundai Kona Electric. Foto: dok. Electrive
Adapun jumlah unit yang terlibat pada recall ini, yaitu mencapai 25.564 unit Kona elektrik yang diproduksi dalam rentan waktu September 2017 hingga Maret 2020.
Proses kampanye penarikan itu sendiri dilakukan mulai 16 Oktober 2020 mendatang secara bertahap di Korea Selatan dan Amerika Serikat.
Bagi para pemilik Hyundai Kona yang mendapatkan surat pemanggilan kembali atau merasa mobilnya berpotensi mengalami hal serupa, maka dipersilahkan untuk menghubungi bengkel resmi Hyundai terdekat.
Hyundai Kona Elektrik Direcall, Ada Masalah pada Baterai  (736402)
Hyundai Kona Electric Foto: dok. Carscoops
Nantinya, setiap mobil yang terlibat pada recall tersebut, akan mendapatkan penggantian komponen baterai baru yang telah dijamin keamanan kondisinya. Tentu saja, seluruh proses penggantian komponen baterai tersebut, tidak dipungut biaya apa pun.
ADVERTISEMENT
Pasca pengumuman informasi recall tersebut, saham Hyundai pun dikabarkan turun hingga 1,4 persen.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)