kumparan
4 Juli 2018 10:52

Hyundai Persiapkan Santa Fe Versi Hybrid

Hyundai Santa Fe generasi keempat
Hyundai Santa Fe generasi keempat (Foto: dok. Hyundai)
Setelah gembar-gembor Hyundai menyiapkan Kona versi listrik dan Tucson hybrid, jenama Korea ini nyatanya juga sedang mengembangkan Santa Fe versi hybrid.
ADVERTISEMENT
Meski tidak merinci, informasi tersebut diumumkan Hyundai setelah meluncurkan Santa Fe generasi terbaru di Barcelona pada Selasa (3/7).
Bukan tanpa sebab pabrikan H ini mengumumnkan visinya ini. Hal tersebut sejalan dengan proyeksi Hyundai untuk meluncurkan 16 mobil listrik pada tahun 2025 di bawah merek Hyundai maupun Kia.
Sayangnya detail jantung mekanis Santa Fe hybrid belum diketahui sepenuhnya, namun Autocar melansir bila sistemnya tidak akan sama dengan Hyundai Ioniq plug in hybrid, mengingat perbedaan dimensi antara keduanya.
Adapun bila diprediksikan kemungkinan akan menggunakan mesin 2.000 cc milik Kia Optima plug in hybrid. Prediksi lainnya juga memungkinkan berbagi platform mesin dan motor listrik milik Tucson, yang mana mesin 2.000 cc CRDi-nya menjanjikan tenaga 183 dk dan daya 16 dk dari baterai 48 volt-nya.
ADVERTISEMENT
Saat ini jajaran mobil elektrik Hyundai terdiri dari Optima, Niro dan Ioniq yang kesemuanya merupakan plug in hybrid.
Hyundai Santa Fe Generasi Keempat
Hyundai Santa Fe generasi keempat
Hyundai Santa Fe generasi keempat (Foto: dok. Hyundai)
Sebelum wujudnya dikenalkan publik Barcelona, Hyundai Santa Fe generasi keempat ini terlebih dulu dibuka selubungnya dalam gelaran Geneva Motor Show 2018 yang berlangsung 8 hingga 18 Maret lalu.
Sejauh ini Santa Fe teranyar tersedia dalam 3 pilihan mesin, 1 diantaranya merupakan mesin Diesel lawas 2.200 cc bertenaga 194 dk, sementara opsi lainnya adalah mesin Diesel 2.400 cc yang menjanjikan tenaga 184 dk atau mesin bensin 2.000 cc dengan tenaga 232 dk.
Hyundai Santa Fe generasi keempat
Hyundai Santa Fe generasi keempat (Foto: dok. Hyundai)
Sebagai fitur standard, keseluruh variannya mendapatkan fitur keselamatan dan keamanan berupa Automatic Emergency Braking (AEB), lane keep assist yang menjaga kontrol kemudi tetap pada lajur yang dilalui ditambah lane departure warning.
ADVERTISEMENT
Tak ketinggalan hadir fitur terbaru hasil pengembangan Hyundai bernama Safety Exit Assist System, fitur yang memungkinkan pintu akan terkunci selang beberapa waktu karena sensor menangkap kehadiran kendaraan lain yang datang dari arah belakang, saat kendaraan tersebut telah lewat, sistem secara otomatis akan membuka kunci pintu tersebut dan penumpangnya dapat keluar dari kendaraan secara aman.
Video
Sayang modelnya ini belum dipasarkan. Bila tidak ada aral melintang, Santa Fe terbaru ini mulai dijual pada September nanti dengan harga mulai dari 33.425 poundsterling atau sekitar Rp 631,3 juta untuk trim terendah dan trim tertinggi seharga 41.795 poundsterling atau setara Rp 789,4 juta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan