Hyundai Santa Fe Baru Penuh Fitur Canggih, Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

8 April 2021 9:19
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Hyundai Santa Fe Baru Penuh Fitur Canggih, Ini Fungsi dan Cara Kerjanya (81482)
zoom-in-whitePerbesar
New Hyundai Santa Fe 2021. Foto: dok. Hyundai Indonesia
ADVERTISEMENT
Hyundai Santa Fe buat pasar Indonesia mendapat penyegaran. Ubahannya terbilang bejibun, mulai dari eksterior, interior, jantung pacu, hingga disematkan banyak fitur canggih.
ADVERTISEMENT
Tapi, pembahasan kali ini kita batasi soal ulasan fitur-fitur canggihnya saja. Paling mencuri perhatian adalah deretan fitur keselamatan aktif.
Ya cukup penasaran apa saja fitur tersebut. Nah bberikut kumparan sajikan ulasannya.

Forward Collision-Avoidance Assist (FCA)

Fitur keselamatan aktif pertama yang ada di Hyundai Santa Fe facelift, yakni Forward Collision-Avoidance Assist (FCA). Secara fungsi, fitur ini berguna untuk memberikan peringatan akan adanya potensi risiko tabrakan dari arah depan.
Pada kondisi tertentu, sistem dapat secara otomatis mengaktifkan fitur rem darurat apabila terdeteksi objek di depan, baik itu kendaraan atau pejalan kaki, sudah terlalu dekat.

Blind-spot CollisionAvoidance Assist (BCA)

Berikutnya ada fitur Blind-spot CollisionAvoidance Assist, fitur ini memiliki fungsi untuk mendeteksi dan memantau adanya kendaraan yang melaju dari arah belakang.
ADVERTISEMENT
Apabila objek dari arah belakang kanan atau kiri sudah mendekati kendaraan, maka sistem dapat secara otomatis melakukan rem darurat bila diperlukan.
Hyundai Santa Fe Baru Penuh Fitur Canggih, Ini Fungsi dan Cara Kerjanya (81483)
zoom-in-whitePerbesar
New Hyundai Santa Fe 2021. Foto: dok. Hyundai Indonesia

Blind-spot View Monitor (BVM)

Fitur yang satu ini memiliki kemiripan fungsi seperti fitur sebelumnya, yakni untuk memantau dengan menampilkan area blind spot dari arah belakang mobil.
Bukan hanya berupa sinyal bunyi, fitur ini juga dapat menampilkan visual area belakang kanan dan kiri mobil melalui layar instrumen saat lampu sein dihidupkan.

Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA)

Selanjutnya ada fitur Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA). Fitur ini berguna untuk mendeteksi adanya objek kendaraan yang mendekat manakala mobil hendak melaju mundur.
Nantinya, sistem akan mendeteksi apabila adanya potensi kendaraan yang melaju dari arah belakang kanan atau kiri mobil. Fitur ini sangat bermanfaat terutama ketika mobil hendak keluar dari area parkir.
Hyundai Santa Fe Baru Penuh Fitur Canggih, Ini Fungsi dan Cara Kerjanya (81484)
zoom-in-whitePerbesar
Tampilan belakang New Hyundai Santa Fe 2021. Foto: dok. Hyundai Indonesia

Lane Keeping Assist (Lane Keeping Assist)

Lane Keeping Assist jade fitur canggih berikutnya yang ada pada Santa Fe facelift. Fitur ini akan membantu pengemudi mendeteksi marka jalan pada kecepatan tertentu.
ADVERTISEMENT
Apabila sistem mendeteksi kendaraan mulai keluar atau berpindah jalur dengan sendirinya tanpa menghidupkan sein, maka secara otomatis sistem akan memberikan peringatan visual dan suara.

Lane Following Assist (LFA)

Fitur berikutnya ini, yaitu Lane Following Assist memiliki keterkaitan fungsi dan cara kerja dengan fitur sebelumnya, Lane Keeping Assist.
Untuk cara kerjanya, fitur ini dapat secara otomatis memposisikan kendaraan kembali ke jalur yang benar. Fitur ini akan berfungsi setelah fitur Lane Keeping Assist bekerja.
Mudahnya, apabila sistem mendeteksi sebuah kendaraan telah keluar atau berpindah jalur dengan sendirinya tanpa menghidupkan sein, maka fitur Lane Keeping Assist akan bekerja, apabila fitur LKA telah bekerja namun kendaraan tetap keluar jalur dan dinilai membahayakan, maka selanjutnya giliran fitur Lane Following Assist yang bekerja.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, fitur ini hanya bisa berfungsi 100 persen apabila kondisi marka jalan yang dilalui sangat jelas.
Hyundai Santa Fe Baru Penuh Fitur Canggih, Ini Fungsi dan Cara Kerjanya (81485)
zoom-in-whitePerbesar
New Hyundai Santa Fe 2021. Foto: dok. Hyundai Indonesia

Safe Exit Assist (SEA)

Belum cukup sampai di situ, Hyundai Santa Fe facelift ini juga dibekali dengan fitur canggih lainnya, yakni Safe Exit Assist. Fitur ini berguna untuk menghindari terjadinya benturan ataupun kecelakaan saat penumpang di baris kedua hendak keluar dari mobil.
Menyoal cara kerjanya, fitur ini akan secara otomatis mengunci pintu baris kedua, apabila saat penumpang di baris kedua hendak membuka pintu, namun sistem mendeteksi adanya potensi bahaya akibat objek yang melaju kencang dari arah belakang mendekati samping kendaraan.

Rear Occupant Alert (ROA)

Fitur berikutnya yang tak kalah canggih, yakni Rear Occupant Alert. Fitur ini akan secara otomatis memberikan peringatan suara ketika pengemudi hendak meninggalkan mobil di parkiran, namun sistem mendeteksi masih ada penumpang di dalam mobil
ADVERTISEMENT
Dengan adanya fitur ini, maka pengemudi pun tidak akan lupa lagi meninggalkan anak atau hewan peliharaan di dalam kendaraan.
Hyundai Santa Fe Baru Penuh Fitur Canggih, Ini Fungsi dan Cara Kerjanya (81486)
zoom-in-whitePerbesar
Tampilan interior New Hyundai Santa Fe 2021. Foto: dok. Hyundai Indonesia

High Beam Assist (HBA)

High beam assist juga jadi salah satu fitur canggih yang ada pada Hyundai Santa Fe facelift. Fitur ini memiliki fungsi untuk mengatur kebutuhan lampu utama mobil ketika sedang melaju di malam hari.
Saat kendaraan melaju di situasi jalan yang gelap dan minim penerangan, maka sistem akan secara otomatis mengaktifkan lampu jauh. Namun apabila sistem mendeteksi munculnya objek kendaraan dari lawan arah, maka secara otomatis juga sistem akan mengembalikan lampu jauh ke lampu dekat.

Surround View Monitor (SVM)

Fitur keselamatan canggih berikutnya yang ada pada hyundai Santa Fe facelift, yakni Surround View Monitor. Ini merupakan fitur kamera parkir dengan sudut pandang 360 derajat.
ADVERTISEMENT
Kehadiran fitur Surround View Monitor ini akan sangat berguna ketika kendaraan hendak parkir atau melaju di area yang sangat sempit.

Driver Attention Warning (DAW)

Drive attention warning jade fitur canggih berikutnya yang ada para Hyundai Santa Fe facelift. Fitur ini berfungsi untuk memberikan peringatan bagi pengemudi ketika dianggap sudah mengemudi terlalu lama.
Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk pengemudi yang sering melakukan perjalanan jauh ke luar kota.
Hyundai Santa Fe Baru Penuh Fitur Canggih, Ini Fungsi dan Cara Kerjanya (81487)
zoom-in-whitePerbesar
Tampilan depan New Hyundai Santa Fe 2021. Foto: dok. Hyundai Indonesia

Tire Pressure Monitoring System (TPMS)

Lalu ada juga fitur Tire Pressure Monitoring System yang bermanfaat untuk memberikan informasi kepada pengemudi terkait tekanan angin pada seluruh ban mobil.
Apabila fitur mendeteksi ada salah satu ban yang sudah dalam kondisi kurang angin, maka sistem secara otomatis akan memberikan peringatan kepada pengemudi melalui layar instrumen.
ADVERTISEMENT

Hill Start Assist (HSA)

Fitur Hill Start Assist juga jadi salah satu fitur wajib yang ada pada Santa Fe facelift. Fitur ini berguna untuk membantu mencegah mobil mundur saat berhenti di tanjakan.
Hill Start Assist akan sangat bermanfaat manakala mobil sedang terjebak kemacetan di jalur yang menanjak. Sistem akan menahan sekitar 2 sampai 3 detik, saat pengemudi memindahkan kaki kanannya dari pedal rem ke pedal gas.

Downhill Brake Control

ADVERTISEMENT
Berbeda dengan Hill Start Assist yang akan membantu mobil ketika menanjak, fitur Downhill Brake Control justru akan membantu memperlambat laju mobil ketika melaju di turunan yang terjal dan licin.
Dengan adanya fitur ini, maka dapat membantu mencegah mobil nyelonong ketika menurun.
Hyundai Santa Fe Baru Penuh Fitur Canggih, Ini Fungsi dan Cara Kerjanya (81488)
zoom-in-whitePerbesar
New Hyundai Santa Fe 2021. Foto: dok. Hyundai Indonesia
Selain fitur-fitur canggih yang telah disebutkan di atas, Hyundai Santa Fe facelift juga tentunya telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan standar, seperti 6 titik airbags, sistem pengereman ABS dan EBD, serta stability control.
ADVERTISEMENT
Dengan berlimpahnya fitur keselamatan yang ditawarkan, membuat versi penyegaran dari Hyundai Santa Fe ini menjadi semakin menarik untuk dilirik. Khusus pasar Indonesia, Santa Fe facelift ditawarkan dalam 2 pilihan dapur pacu dan 6 varian. Berikut lengkapnya:
Bensin
  • New Santa Fe G 2.5 6AT Style: Rp 569 juta
  • New Santa Fe G 2.5 6AT Prime: Rp 599 juta
  • New Santa Fe G 2.5 6AT Signature: Rp 678 juta
Diesel
  • New Santa Fe D 2.2 8DCT Style: Rp 629 juta
  • New Santa Fe D 2.2 8DCT Prime: Rp 659 juta
  • New Santa Fe D 2.2 8DCT Signature: Rp 729 juta
***
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020